Home News Dosen USM: Kebocoran Soal UN Nodai Pendidikan Aceh

Dosen USM: Kebocoran Soal UN Nodai Pendidikan Aceh

36
0

BANDA ACEH – Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univesitas Serambi Mekkah, Martahadi, meminta kepada pihak terkait untuk menindak tegas pembocor soal Ujian Nasional (UN) yg diduga terjadi di beberapa daerah.

Hal itu disampaikan Martahadi kepada portalsatu.com di Banda Aceh, 19 April 2015.

Menurutnya, bocoran soal melalui data yang diunggah di Google Drive itu sudah menodai pendidikan, khususnya di Aceh. Apalagi dikatakannya, bocoran soal yang terjadi diduga hanya Aceh dan Djogjakarta.

“Tidak mungkin soal UN bocor sendiri, kalau tidak ada orang yang membocorkan, ini mustahil,” ujar Martahadi.

Martahadi meMinta kepada pihak terkait untuk mengusut tuntas bocoran soal UN tersebut, dan ia meyakini pasti ada pihak yang bermain dan mendapat keuntungan dibalik kebocoran Soal UN.

Selain itu, ia juga meminta kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan apabila dilakukan pengulangan, cukup dilakukan pada sekolah-sekolah yang ada kebocoran saja.

Ia mencontohkan, seperti di kampung-kampung yang sangat terbatas akses informasi melalui internet, tidak mungkin mereka mendapatkan soal dari google drive tersebut.

“Apabila semua sekolah diulang, ini bisa menjadi beban psikoligis bagi siswa, dan bisa mengakibatkan trauma apabila terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya,” ujarnya lagi. [] (mal)