Home News “Dana Otsus untuk Pembangunan Pascakonflik

“Dana Otsus untuk Pembangunan Pascakonflik

55
0

BANDA ACEH – Mantan anggota tim penyusunan Undang-Undang Pemerintah Aceh, T.M. Nurlif mengatakan semangat dana otonomi khusus di Aceh untuk pembangunan pascakonflik.

Spirit dana Otsus di Aceh untuk melakukan social recovery pascakonflik,” kata T.M. Nurlif di Banda Aceh, Selasa, 15 September 2015.

Menuru Nurlif, dana Otsus merupakan bagian dari kompensasi pemerintah pusat kepada Aceh di balik ketidakadilan pusat kepada masyarakat Aceh pada masa lalu. Kata dia, salah satu penyebab konflik di Aceh bermula dari akumulasi kekecewaan masyarakat yang merasa diperlakukan tidak adil oleh pemerintah pusat.

“Semangat dari UUPA itu sendiri salah satu di dalamnya diatur dana Otsus,” ujar Nurlif.

Nurlif menyebut pengelolaan dana Otsus harus melahirkan kesejateraan yang maksimal di Aceh dalam rangka memenuhi persoalan ketidakadilan. Dana itu diharapkan menjadi sumber pembiayaan untuk melakukan recovery pembangunan di Aceh.

Spirit dana Otsus itu untuk menjadi sumber pembiayaan dalam rangka membangun keseimbangan antarkabupaten/kota yang ada di Aceh, sehingga bisa memperkecil ketimpangan yang selama ini terjadi,” ujar Nurlif.

Nurlif  minta Pemerintah Aceh melalui Bappeda Aceh membuat grand design terkait pengelolaan dana Otsus ke depan. “Jangan kemudian, dana yang setiap tahunnya bertambah ini tidak bermanfaat bagi masyarakat Aceh,” katanya.[] (idg)

Foto: T.M. Nurlif.@Bustami/portalsatu.com