Cekmad: Tiga Zona Fokus Pembangunan

BANDA ACEH – Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib (Cekmad) mengatakan pihaknya sudah melakukan pembangunan ekonomi dengan dibagi tiga zona. “Kita sudah bagi tiga zona fokus pembangunan ekonomi masyarakat, yaitu zona laut, zona petani dan tengah,” ujar Cekmad kepada portalatu.com di Banda Aceh, Jumat, 31 Juli 2015.

Cekmad menjelaskan, untuk zona laut, pihaknya sudah memberikan kapal besar bagi nelayan mencari ikan. “Boat raksasa ini bisa menghasilkan puluhan juta dalam sehari, dari sekali tangkapan ikan,” katanya.

Zona petani, kata Cekmad, Pemerintah Aceh Utara sudah membantu bibit kepada petani. Sedangkan zona saudagar, pihaknnya memberikan bantuan modal usaha untuk pedagang guna pengembangan bisnis. “Zona saudagar kita katagorikan zona tengah, yang kebanyakan masyarakat hidupnya berdagang,” ujarnya.

Ia menambahkan, selama ini Pemerintah Aceh Utara sedang menggerakkan pembangunan ke arah lebih baik. “Selama saya memimpin, ada program yang dilanjutkan yang program itu kami anggap bagus, tapi ada juga program baru melalui penguatan ekonomi mikro untuk masyarakat,” kata Cekmad.

Menurut Cekmad, Pemerintah Aceh Utara menganggarkan puluhan miliar untuk kelompok usaha  masyarakat. “Tapi mereka kita perketat syaratnya agar modal usaha yang kita berikan bermanfaat, kita wajibkan untuk yang mengajukan modal usaha meminta surat rekomendasi atau tanda tangan dari Kapolsek dan Koramil,” ujarnya.

Persyaratan itu, kata Cekmad, agar masyarakat yang mengajukan permohonan modal usaha, tidak menipu Pemerintah Aceh Utara dengan mangajukan usaha bohongan.[]

Baca juga:

Tingkatkan SDM Pemkab Aceh Utara Buka Kampus Akademi

Leave a Reply