Home News Cara Unik IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Berikan Beasiswa

Cara Unik IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Berikan Beasiswa

86
0

LANGSA – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa tahun ini memberikan enam jenis beasiswa kepada mahasiswa yang menempuh pendidikan pada lembaga tersebut. Hal itu disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Drs. H. Basri Ibrahim, MA, melalui Humas IAIN, Mulyadi Nurdin, Lc, MH, Rabu, 22 April 2015.

Basri Ibrahim didampingi Kepala Biro AUAK IAIN Langsa, Drs. Ibnu Sa’dan, M.Pd mengatakan beasiswa tersebut berasal dari berbagai sumber, seperti Kampus IAIN, bank, Baitul Mal, serta APBN.

Menurut Basri kategori beasiswa yang tersedia adalah Bidikmisi yang sudah berjalan selama 3 tahun. Basri menjelaskan proses penjaringan beasiswa bidikmisi dilakukan setelah calon mahasiswa dinyatakan lulus pada kampus IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.

“Calon mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi adalah mereka yang telah mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah SMA/MA melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), besaran beasiswa yang diterima oleh mahasiswa Rp 6 juta per semester selama 4 tahun,” ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, beasiswa yang bersumber dari APBN ini akan dialokasikan kepada 1.200 orang mahasiswa dengan besaran yang diperoleh Rp 1,2 juta per mahasiswa. Beasiswa ini akan diberikan bagi mereka yang telah memiliki Kartu Hasil Studi (KHS).

Selanjutnya ada beasiswa yang bersumber dari mitra kerja kampus tersebut, seperti dari bank dan Baitul Mal. “Beasiswa dari Bank yang menjadi mitra kerja diberikan untuk 10 orang, sedangkan dari Baitul Mal, baik dari Kota Langsa maupun provinsi diberikan kepada 20 orang,” kata Basri.

Sementara untuk mahasiswa berprestasi ekstra di kampus akan dibebaskan uang kuliah.

Selain itu, IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa juga menggratiskan uang kuliah kepada mahasiswa tiga bersaudara. “Satu orang akan digratiskan, kalau ada empat orang, berarti dua orang akan digratiskan,” ujarnya.

Institut ini juga akan menggratiskan uang kuliah selama delapan semester untuk mahasiswa yang hafal Alquran 20 juz. Selain itu, mahasiswa penghafal 15 Juz ayat Alquran akan digratiskan uang kuliah selama enam semester dan 10 Juz gratis 4 semester. Mereka juga akan diprioritaskan untuk mendapatkan beasiswa lainnya.

Menurut Basri, beasiswa Tahfidh ini ada yang bersumber dari Kampus IAIN, Kementerian Agama, dan juga Pemerintah Kota Langsa.

“Jika ada mahasiswa yang selama kuliah dapat menghafal Al-Quran minimal 5 juz, Pemko Langsa akan memberikan beasiswa kepada mahasiwa tersebut,” jelas Basri.

Sementara itu Kepala Biro AUAK IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Drs. Ibnu Sa’dan, M.Pd mengatakan proses seleksi semua kategori beasiswa tersebut akan dilakukan secara profesional, proporsional, dan transparan.

“Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, semua calon mahasiswa memiliki hak yang sama untuk memperoleh beasiswa asal mencukupi syarat yang ditetapkan,” katanya seperti dikutip Humas IAIN, Mulyadi Nurdin.[]