BPS Sosialisasi Pemutakhiran Data Angka Kemiskinan di Abdya

BLANGPIDIE – Badan Pusat Statistik (BPS) bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya mengadakan sosialisasi pemutakhiran basis data terpadu 2015 di Aula Masjid Kompleks Perkantoran Abdya, Kamis, 21 Mei 2015. Kegiatan ini merupakan salah satu program pemerintah daerah untuk dapat memberikan perlindungan atas jaminan sosial.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat penting jadi tidak ada alasan untuk tidak disukseskan, karena pemutakhiran data ini nantinya akan membantu pemerintah dalam melakukan pemetaan keadaan masyarakat, sehingga pemerintah bisa mengambil langkah-langkah yang kongkrit untuk mengatasi masalah yang dialami masyarakat,” kata Bupati Abyda Jufri Hasanuddin seperti disampaikan Asisten II Drs. Nafis, MM saat membuka kegiatan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala BPS Abdya Baharuddin, SE, Kabag Ops Polres Abdya Muslim, Kasdim O110 Abdya Kristianto, para kepala SKPK dan undangan lainnya.

Nafis mengatakan PBDT ini adalah bagian penting dalam upaya pengentasan kemiskinan secara keseluruhan. Pasalnya data ini akan digunakan sebagai dasar pemberian berbagai bantuan perlindungan sosial, di antaranya Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS), Program Indonesia Pintar (PIP) dan Indonesia Sehat (PIS).

Sementara itu, Kepala BPS Abdya Baharuddin dalam laporannya mengatakan, pemutakhiran data ini akan dilaksanakan dalam beberapa tahap. Tahap pertama pelaksanaan Forum Konsultasi Publik (FKP) di tingkat desa dimana forum tersebut akan diundang para kepala dusun, kepala lorong dan tokoh masyarakat lainnya guna mengonfirmasi keberadaan rumah tangga BDT 2012-2014.

“Sementara tahap kedua yaitu kegiatan pendataan rumah tangga. Dalam kegiatan ini akan didata berbagai variable karakteristik sosial ekonomi seluruh rumah tangga hasil FKP,” kata Baharuddin.

Baharuddin berharap, kegiatan Pemutakhiran Basis Data Terpadu ini dapat berjalan lancar dan menghasilkan data yang akurat tentang kemiskinan di Abdya.[](bna)

Leave a Reply