Bincang-bincang Bersama Ketua SPS Aceh

BANDA ACEH – Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Aceh, Imran Joni, meminta agar seluruh perusahaan media di Aceh memiliki badan hukum yang jelas, seperti Perusahaan Terbatas (PT), yayasan atau koperasi.

“Ketentuan ini telah diatur dalam undang-undang baru tahun 2014,” kata Imran Joni saat menerima tim redaksi portalsatu.com, di Sekretariat Bersama Jurnalis Aceh di Banda Aceh, Kamis, 16 April 2015.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Pemimpin Umum sekaligus Direktur Utama PT Portal Media Utama Irma Hafni atau kerap disapa Ihan Nurdin, Pemimpin Redaksi portalsatu.com dan Majalah ATRA Murdani Abdullah, Redaktur Pelaksana Boy Nashruddin Agus dan Koordinator Liputan Zulkarnaini.

Menurut Imran Joni, pemenuhan syarat ketentuan tersebut sebagai upaya menjaga perusahaan media agar tidak terjerat kasus-kasus hukum karena tidak bisa dilindungi oleh Dewan Pers.

Di sisi lain, Imran Joni menyambut baik kehadiran portalsatu.com sebagai salah satu media informasi berbasis online di Aceh. Ia menilai media yang diasuh oleh sekumpulan anak muda ini bisa menjadi salah satu media besar di Aceh.

Ia turut mengajak agar awak redaksi portalsatu.com untuk mendaftarkan dirinya di masing-masing lembaga profesi kewartawanan seperti PWI, AJI atau lembaga kewartawanan lainnya. Hal ini guna memudahkan wartawan di lapangan melakukan tugas-tugas jurnalistiknya dan sebagai bentuk kebersamaan dengan insan pers lainnya yang ada di Aceh.

Imran Joni juga berharap agar jajaran redaksi portalsatu.com mengikuti uji kompetensi wartawan yang kerap digelar PWI dan AJI Banda Aceh. “Ini penting untuk ikut serta terutama jajaran redaksi,” katanya.

Menyikapi hal ini, Ihan Nurdin, mengatakan PT Portal Media Utama telah terdaftar di akte notaris sejak pertengahan Maret 2015 lalu. Selain itu, perusahaan ini juga memproduksi majalah ATRA yang terbit setiap satu bulan sekali, di samping media online portalsatu.com.

“Kita terus memenuhi aturan-aturan hukum untuk mendirikan media ini, termasuk mendaftarkan diri di SPS Aceh. Ini untuk memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan jurnalistik nantinya,” kata Ihan.[](bna)

Baca juga:

Tentang Kami