Home News Berkas Empat Tersangka Pembunuh Kepala Pegadaian Dilimpahkan ke PN Takengon

Berkas Empat Tersangka Pembunuh Kepala Pegadaian Dilimpahkan ke PN Takengon

46
0

TAKENGON – Berkas empat terdakwa kasus pembunuhan Kepala Pegadaian Cabang Takengon telah dilimpahkna ke Pengadilan Negeri Takengon pada Selasa, 15 September 2015 lalu. saat ini pihak Kejaksaan Negeri sedang menunggu penetapan sidang perdana dari majelis hakim.

“Dari hasil koordinasi, dimungkinkan sidang perdana akan digelar usai lebaran Idul Adha 1436 Hijriah nantinya,” kata Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Takengon, Eprin, SH, kepada portalsatu.com di Takengon, Kamis, 17 September 2015.

Ke empat terdakwa saat ini juga masih berstatus tahanan jaksa dan masih dititipkan di Rumah Tahanan (rutan) Kelas II B Takengon.

Secara terpisah, Humas Pengadilan Negeri Takengon, Rahmawan, SH membenarkan pihaknya telah menerima pelimpahan berkas ke empat terdakwa pembunuh Kepala Pegadaian Cabang Takengon tersebut. Namun dia mengaku belum memeriksa berkas ke empat tersangka itu.

“Surat pelimphannya memang sudah masuk, tapi saya belum periksa berkasnya. Nanti saya cek dulu berkasnya untuk penetapan sidang perdana,” katanya.

Ke empat terdakwa itu akan dijerat dengan pasal 340 KUHP, 339 KUHP, 365 KUHP (dakwaan kombinasi) tentang pembunuhan berencana. Jika terbukti bersalah, terdakwa bisa terancam hukuman mati, penjara seumur hidup, atau 20 tahun penjara.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Pegadaian Cabang Takengon, Siti Jamilah, 40 tahun, ditemukan tewas mengenaskan di rumah kontrakannya, di Desa Blang Kolak Satu, Kecamatan Bebesen, Aceh Tengah, pada Jumat, 20 Maret 2015 lalu. Korban ditemukan warga dengan kondisi berlumuran darah dan mulut tersumpal kain serta terdapat luka sobek di bagian leher.

Dalam kasus itu, polisi telah menetapkan empat tersangka. Tiga tersangka di antaranya berasal dari Desa Blang Kolak Satu, Kecamatan Bebesen, Aceh Tengah. Mereka adalah Rizki (22 tahun), Rudi (39 tahun), dan Roni Chandra (35 tahun).

Sementara tersangka keempat adalah Rahmat, 31 tahun, warga Kampung Cinta Damai, Kecamatan Wih Pesam, Bener Meriah.

Polisi juga telah menetapkan tersangka utama dalam kasus terserbut, yakni Roni Chandra, 35 tahun, yang diringkus di Sumatera Utara beberapa waktu lalu.[](bna)