Bener Meriah Mulai Salurkan Dana Desa

REDELONG – Kepala Bagian Hukum Kabupaten Bener Meriah, Mahfudhah, SH, MH, mengatakan dana desa untuk 232 gampong di kabupaten tersebut mulai disalurkan sejak Senin, 14 September 2015. Dana tersebut langsung dikirimkan ke rekening kepala desa masing-masing dan sudah dapat langsung ditarik.

Dia mengatakan penyaluran tersebut seiring dengan peraturan bupati (perbub) Bener Meriah yang diterbitkan pada Jumat, 11 september 2015 lalu. Hal ini sesuai dengan mekanisme penyaluran dana desa tersebut.

“Perbub itu harus ditandatangani langsung oleh Bupati. Kebetulan Bupati kita (Bener Meriah) masih di Jakarta ikut kegiatan, tapi sudah kita kirim suratnya dan sudah kita terima kembali. Uangnya memang sudah ada di rekening masing-masing desa. Cuma kemarin karena tidak ada Perbub maka kita perintahkan Bank Aceh untuk menahan dulu penyalurannya,” kata Mahfudhah kepada portalsatu.com di Bener Meriah.

Dia mengatakan untuk tahap awal dana desa di Bener Meriah disalurkan sebanyak 40 persen dari total Rp 71 miliar. Sementara pada tahap dua akan disalurkan sebanyak 40 persen dan pada tahap tiga dana desa tahun 2015 akan disalurkan 20 persen.

Selain itu jumlah pos untuk setiap desa juga sangat bervariasi. Dana diberikan tergantung jumlah penduduk dan luas wilayahnya. Jatah tertinggi dana desa setiap kampung senilai Rp 280 juta ke atas dan paling rendah Rp 250 juta ke bawah.

“Untuk penarikan dana desa tahap dua kita harus membuat laporan penggunaan dana desa tahap satu ke Dirjen Keuangan RI. Begitu juga dengan tahap ketiga nantinya,” kata Mahfudhah.[](bna)

Leave a Reply