Banjir Terjang Kecamatan Samudera Akibat Tanggul Krueng Pase Jebol

LHOKSUKON – Sejumlah gampong di Kecamatan Samudera, Aceh Utara, diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Krueng (Sungai) Pase, Sabtu, 12 September 2015. Banjir turut merendam badan Jalan Banda Aceh-Medan dan pekarangan Masjid Geudong di Meunasah Mancang, Kecamatan Samudera.

“Tanggul Krueng Pase jebol sekitar 30 meter, sehingga terjadi banjir sejak pukul 03.00 dinihari tadi. Masyarakat kemudian mengungsi ke Jembatan Keude Geudong, dan sekarang sudah ada tenda milik polisi,” ujar Feri, 28 tahun, warga Meunasah Mancang kepada portalsatu.com lewat telpon seluler tadi pukul 11.10 WIB.

Feri menyebut banjir yang merendam rumah-rumah penduduk dekat Krueng Pase mencapai setinggi pinggang orang dewasa. Kata dia, banjir turut merendam badan Jalan Banda Aceh-Medan dan pekarangan Masjid Geudong di Meunasah Mancang.

“Sepeda motor tidak bisa lewat, karena arus banjir yang melintasi badan jalan cukup deras. Jadi pengguna sepeda motor terpaksa mencari jalur alternatif. Mobil masih bias lewat, tapi juga mengalami kesulitan,” kata Feri.

Informasi tersebut juga dibenarkan Abel dan Khairul, pengguna sepeda motor yang melintasi kawasan itu saat dihubungi terpisah.[]

Foto: Warga Aceh Utara melintasi jalan yang banjir akibat tanggul Krueng Pase jebol. @Datuk Haris Molana/portalsatu.com

Leave a Reply