Austria Bersedia Tampung Pengungsi Suriah

VIENNA – Saat beberapa negara-negara di Eropa enggan menerima pengungsi asal Suriah, Austria langsung menawarkan diri untuk menampungnya. Sebanyak 15,700 pengungsi yang berdesak-desakan menaiki bus dan kereta api, telah tiba di Austria kemarin dan hari ini.

Menurut polisi Austria, lebih 11,000 pelarian memasuki negara ini kemarin, disusul 4,700 hari ini melalui perbatasan Nickelsdorf dari Hongaria.

Kebanyakan pengungsi tersebut melalui perjalanan melelahkan dari Balkan ke barat Eropa. Sedangkan Kroasia menyatakan sudah sekitar 21.000 pengungsi telah memasuki kawasan itu sejak empat hari lalu.

Palang Merah Austria menginformasikan, sekitar 2.000 pengungsi sampai ke Jerman tanpa melalui pemeriksaan perbatasan. Sejak berakhirnya Perang Dunia Kedua, negara ini adalah yang paling banyak menerima pengungsi.

Beberapa negara telah memberlakukan hukum pengawalan perbatasan, menyusul jumlah pengungsi yang memasuki Eropa telah mencapai setengah juta orang. Uni Eropa menerima lebih seperempat juta permohonan untuk menjadi pencari suaka yang sah sejak tiga bulan lalu.[] sumber: JPNN.com