Home News Aksi Sopir Labi-labi Mengatasi Jalan Rusak

Aksi Sopir Labi-labi Mengatasi Jalan Rusak

52
0

TAKENGON – Selalu melewati jalan yang sama dalam kondisi rusak dan bahkan membahayakan keselamatan pengguna kendaraan membuat sopir Labi-labi (angkutan kota) di Aceh Tengah mengambil inisiatif sendiri. Mereka menimbun jalan yang berstatus jalan provinsi, Selasa, 8 September 2015. Jalan itu terletak di sisi selatan Danau Laut Tawar, tepatnya beberapa meter sebelum Hotel Renggali dari arah kota Takengon.

Para sopir Labi-labi ini tidak protes dengan berdemo, mogok atau sampai berbuat anarkis. Sebaliknya, mereka bergotong royong mengangkut tanah dan pasir memenuhi gerbong penumpang Labi-labi untuk menimbun jalan rusak. Mereka membawa peralatan sendiri dari rumah, seperti cangkul dan serokan. Sebagian lainnya membantu memadatkan tanah timbunan dengan peralatan seadanya.

Seorang sopir Labi-labi, Bahar mengungkapkan, akibat longsor beberapa waktu lalu jalan tersebut semakin menyempit. Sebelumnya, badan jalan itu juga sudah berlubang-lubang. Kondisi jalan sempit dan berlubang tersebut dikhawatirkan dapat menyebabkan kecelakaan.

“Biarlah kami membantu pemerintah untuk menimbun jalan ini, bukankah ini bentuk kesadaran dari warga untuk menjaga keselamatan warga lain yang melintasi jalan,” kata Bahar kepada pihak Humas Pemkab Aceh Tengah di lokasi jalan yang sedang ditimbun.

Dikutip pihak Humas Pemkab Aceh Tengah, Bahar mengaku mengetahui jalan tersebut merupakan jalan provinsi melalui berita media massa yang ia baca beberapa waktu lalu. Dalam berita itu disebutkan masyarakat mendesak Pemerintah Aceh segera memperbaiki jalan tersebut.

“Sangat disayangkan, karena jalan ini bukan hanya digunakan oleh warga lokal, tapi juga wisatawan yang hendak ke danau. Karena itu seharusnya Pemerintah Aceh lebih peduli,” ujar Bahar.[] (iip)

Foto sopir Labi-labi timbun jalan rusak di Aceh Tengah.@Ist