150 Jemaah Haji Terluka di Mina

Insiden kembali mewarnai pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Hari ini, Kamis (24/9/2015), setidaknya 150 jemaah dilaporkan wafat di Mina, yang terletak sekitar 5 km dari Mekah.

Kabar tersebut diungkapkan pihak pertahanan sipil atau Saudi Civil Defense Directorate dalam akun Twitternya. Laporan itu  juga mengabarkan, 400 jemaah mengalami luka-luka akibatnya.

Seperti dikutip dari The Guardian, insiden terjadi pada akhir pelaksaan ritual haji yang bertujuan membersihkan jiwa dan memperkuat persaudaraan sesama muslim.

Insiden sebelumnya juga pernah terjadi di Mina. Yang terparah pada tahun 1990, lebih dari 1.400 jemaah wafat akibat berdesakan di terowongan yang kala itu mengalami mati listrik.

Sementara, pada 2006, setidaknya 345 jemaah haji wafat dan 1.000 lainnya luka-luka dalam insiden di Mina.

mnya, juga pada tahun ini, angin kencang menjatuhkan crane di area Masjidil Haram, Mekah. Akibatnya, lebih dari 100 orang meninggal dunia, dan 200 lainnya luka-luka.

Hingga saat ini, penyelidikan untuk mengungkap kejadian tersebut masih dilakukan.

Kecelakaan lain terjadi di sebuah penginapan di Mekah. Sekitar 1.000 jemaah harus dievakuasi setelah kebakaran melanda.[] sumber: Liputan6.com

Leave a Reply