Home News 10 Tahun MoU Helsinki, Gubernur Beberkan Substansi Perdamaian

10 Tahun MoU Helsinki, Gubernur Beberkan Substansi Perdamaian

53
0

BANDA ACEH – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, mengatakan sejak masa pemerintahan Jokowi – JK sudah dikeluarkan tiga regulasi penting untuk Aceh.

“Substansi perdamaian yang disepakati adalah sudah adanya tiga regulasi penting yang dikeluarkan oleh pemerintah,” kata Zaini Abdullah, dalam sambutannya di acara doa bersama peringatan 10 tahun MoU Helsinki di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Sabtu, 15 Agustus 2015.

Ketiga regulasi tersebut adalah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Bersama Sumber Daya Alam Minyak dan Gas Bumi di Aceh, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2015 tentang Kewenangan Pemerintah Yang Bersifat Nasional di Aceh.

Selain itu juga Peraturan Pemerintah (Perpres) Nomor 23 Tahun 2015 tentang Pengalihan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Aceh menjadi Badan Pertanahan Aceh.

Zaini Abdullah juga mengimbau agar Pemerintah Pusat segera merealisasikan butir-butir perdamaian yang belum selesai, seperti beberapa aturan pelaksana UUPA lainnya. Namun, ia juga optimis aturan pelaksana UUPA akan tuntas dalam waktu singkat.[] (ihn)

Foto: antara