Nelayan bantu hiu martil melahirkan

PENGUNJUNG pantai merasa heran setelah melihat ikan hiu martil melahirkan anak-anak hiu berukuran kecil di depan mereka, di tepi pantai Florida, Senin, 13 Agustus 2013.

Seperti dikutip dari dailymail.co.uk, banyak warga menuju pantai Florida setelah mendengar berita adanya nelayan yang membantu menarik ikan hiu martil berukuran lima kaki dari air. Dia membawa hewan predator ini ke tepi pantai sambil meronta dan akhirnya seekor anak hiu keluar dari dalam perutnya.

Anak ikan hiu tersebut terlihat menggelepar di air dangkal dan banyak warga menyaksikannya. Menurut warga setempat bernama Kathy Hunt, yang langsung melihat ikan hiu tersebut mencoba membantu menariknya ke pantai. Petugas jaga pantai akhirnya tiba untuk mengawasi keadaan. 

Mereka berusaha mengembalikan hiu tersebut ke dalam air. Akan tetapi, hiu terus kembali berenang menuju pantai walaupun telah dibantu oleh beberapa petugas. Rupanya si hewan predator ini tak juga mau kembali ke lautan hingga akhirnya ia pun mati.

Ikan hiu merupakan jenis hewan independen dan seringkali berenang menjauhi induknya setelah dilahirkan. Dia mampu bertahan hidup sendiri di air dangkal yang memang lebih sedikit dihuni oleh predator sehingga mereka akan lebih aman meski tanpa pengawasan induknya. Hiu martil betina biasanya melahirkan 20 hingga 40 anak sekaligus dengan panjang sekitar 70 centimeter.

Di Florida, hiu semakin sering terlihat manusia dalam dua tahun terakhir. Mereka senang mengikuti perahu nelayan guna mendapatkan makanan. Biasanya nelayan akan membuang kembali tangkapan yang tidak laku dijual. Hal ini tentu menjadi kesenangan sendiri bagi hiu.[](bna)
 

  • Uncategorized

Leave a Reply