Nazaruddin, Wakil Wali Kota Sabang Yang Hobi Pelihara Ikan

SAAT ini selain menjabat sebagai Wakil Wali Kota Sabang, sosok bersahaja Nazaruddin atau yang sering disapa Teungku Agam ini mengisi waktu luangnya dengan memelihara ikan.

Nazaruddin memiliki beberapa kolam ikan air tawar untuk menyalurkan hobinya itu. Kebiasaan yang telah lama terpendam itu baru dapat dilakukan kembali beberapa tahun terakhir, jauh sebelum ia mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota Sabang.

Nazaruddin menilai hobi memelihara ikan sebagai tempat baginya untuk "lari" sejenak dari hiruk-pikuk politik. Hobi itu memberikan ketenangan bagi Nazaruddin.

"Sebenarnya hobi saya ini tidak lain hanya untuk memenangkan diri dan hobi saya ini dapat mendekatkan diri saya dengan masyarakat setempat," ujar Nazaruddin.

Kolam ikan air tawar milik wakil wali kota ini berada di sudut mata air kawasan Perikanan, Kecamatan Sukakarya, Sabang.

Sepintas memang kelihatan sangat sederhana kolam yang dibuat warga Sabang itu. Ada dua kolam berukuran 10 x 10 meter berisi Gurami, Ikan Mas dan Ikan Nila. Jumlahnya tak terhitung.

Saat ini pakan yang diberikan adalah pelet dan obat khusus yang dibeli di pasar. Namun Nazaruddin juga berencana memiliki sebuah mesin pembuat pelet pakan ikan yang nantinya juga dapat digunakan oleh masyarakat lainya untuk membantu memenuhi kebutuhan pakan ikan dalam skala kecil.

Di dekat kolam Nazaruddin, kini sudah ada delapan kolam ikan air tawar milik warga setempat. Air untuk kolam-kolam di sini bersumber dari mata air rembesan ke Danau Aneuk Laot.

"Lokasinya memang sangat cocok untuk kita melepaskan lelah sambil memberi pakan ikan yang sudah mulai tumbuh besar. Sejenak kita lupa dengan masalah yang kita hadapi saban hari," ujarnya.

Di balik itu semua Nazaruddin berencana saat ikan di kolam siap panen, akan dipasok ke sejumlah tempat yang menyajikan ikan air tawar.

"Nanti kita pikirkan itu, yang penting minimal kebutuhan masyarakat untuk ikan tawar sudah sedikit terpenuhi," ujar Nazaruddin. Apalagi, kolam ikan air tawar kini mulai langka di Sabang.[](rz)

  • Uncategorized

Leave a Reply