Nazar: Hentikan Intimidasi dan Teror untuk Mencari Kemenangan Politik

BANDA ACEH – Kandidat Gubernur Aceh Muhammad Nazar mengharapkan semua pihak yang terlibat dalam Pilkada Aceh untuk tak memulai intimidasi dan teror hanya untuk mencari kemenangan politik. "Kita sangat mengimpikan Pilkada kali ini lebih baik dari pemilu 2009 dan pemilu-pemilu sebelumnya," katanya.

Menurut Nazar, pada Pemilu 2009 masih sangat banyak intimidasi, teror dan manipulasi suara. Sebagai contoh dialami Partai SIRA, PPP, PDA dan lain-lain di pemilu 2009. Saat penghitungan suara di TPS dapat suara, tetapi sesampai di tingkat kecamatan misalnya suara hilang," kata Nazar.

Partai itu, kata Nazar, banyak kehilangan kursi, padahal layak mendapatkan kursi. "Waktu itu penyelenggara dan pengawas pemilu diam serta melihat saja peristiwa itu. Malah banyak saksi yang diculik dan menjadi rahasia umum tetapi semua pihak berkompeten diam, tak mau dan tak berani berbuat apa-apa," katanya.

Jadi, Nazar mengatakan, Aceh harus menjadikan Pemilu 2009 sebagai pengalaman berharga dan memperbaiki kualitas demokrasi dalam pilkada kali ini. "Tentunya seluruh kandidat dan pihak terkait tidak hanya cukup dengan mengadakan deklarasi pilkada damai," katanya.

Namun, kata Nazar, semua pihak harus jujur dan punya niat baik menciptakan pilkada yang bebas dari intimidasi, teror, politik uang dan manipulasi sehingga politik itu jadi bernilai serta bermanfaat untuk perobahan, pencerdasan, penyelamatan dan penyejahteraan rakyat.

"Jangan sampai demokrasi hanya nama saja tapi dalam kenyataannya seperti praktek kerajaan diktator yang kejam. Sudah cukuplah rakyat menderita berpuluh-puluh tahun. Kita harus menciptakan momentum pilkada kali ini untuk menentukan para pemimpin yang layak sebagai pemimpin."

Nazar mengharapkan semua kandidat, timses dan pendukungnya tidak hanya memikirkan pemenangan kandidat masing-masing. "Tetapi bagaimana memenangkan rakyat, demokrasi, pembangunan, perdamaian dan persaudaraan. Jangan sampai gara-gara pilkada itu melahirkan permusuhan dan pengrusakan terhadap apa yang telah dicapai. Justru kita harus berbuat lebih baik untuk masa depan Aceh."[]

  • Uncategorized

Leave a Reply