Mulai Tahun ini, Sebelum Buka Praktek Dokter Wajib Ikut Program Interensif

SABANG – Mulai tahun 2012 para lulusan kedokteran tidak akan bisa langsung membuka praktek, melainkan harus terlebih dahulu mengikut program interensif atau magang selama satu tahun penuh.

Hal tersebut disampaikan Fahrul Jamal, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh, dalam sosialisasi Program Interensif Dokter di Hotel Sabang Hill, Minggu 29 April 2012.

Di Kota Sabang, 15 orang dokter dengan berbagai bidang disiplin ilmu akan bertugas dalam program interensif dan ditempatkan disejumlah rumah sakit dan Puskesmas.

Namun dokter yang akan ditempatkan bukanlah dokter pemula atau dokter muda dalam bentuk studi kedokteranya, melainkan dokter ahli yang diwajibkan melakukan pengabdian didaerah sebelum memperoleh ijin untuk membuka praktek.

“Pengalaman dilapangan tidak akan diperoleh didalam pendidikan formal dan selama melakukan program inerensif di Sabang semua dokter tersebut tidak dibenarkan membuka praktek,” ujar Fahrul Jamal.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh M Yani mengatakan program satu tahun interensif dokter ini dimulai sejak 10 Mei 2012, dan selain Sabang ada tiga daerah lain yang mendapat kesempatan sama yaitu Banda Aceh dan Pidie.

“Sebenarnya ada 10 daerah yang akan kita libatkan dalam program interensif dokter ini, namun untuk tahap awal kita akan melakukanya di tiga daerah terlebih dahulu dan Kota Sabang memperoleh prioritas pertama,” ujar M Yani.

Ia berharap program ini memperoleh perhatian khusus dari Pemerintah Kota Sabang termasuk Intansi terkait untuk memfasilitasi para dokter yang akan bertugas di Sabang tersebut mengingat selama di daerah, dokter yang mengikuti program Interensif itu hanya memperoleh subsidi atau uang saku senilai 1,2 juta per bulan dan tidak dibenarkan membuka praktek lain.

Menyikapi hal tersebut Penjabat Walikota Sabang Zulkifli Hasan mengaku sama sekali tidak keberatan membantu program tersebut bahkan, ia dan masyarakat Sabang sangat berterimakasih pada para dokter yang bersedia bertugas di Sabang dan Pemeritah Daerah akan membantu sesuai kemampuan yang ada secara maksimal.

“ Kita akan usahakan tempat tinggal, hingga mereka tidak perlu sewa rumah lagi, kendaraan dan lain-lain sesuai kemampuan Pemerintah daerah, saya berharap dengan program ini dapat bermamfaat bagi masyarakat Sabang,” tukas Zulkifli.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply