Mualem Tinjau Tiga Lokasi Bencana di Aceh Tengah

WAKIL Gubernur Aceh, H. Muzakir Manaf, meninjau tiga lokasi bencana di Kabupaten Aceh Tengah, Rabu, 19 November 2014. Di sela-sela kesibukannya, pria yang sering disapa Mualem itu juga menyempatkan diri me-launching dan meresmikan Pusat Pelayanan Kesejahteraan Sosial (Puspelkesos) negeri Malem Diwa tersebut.

Mualem berangkat ke Aceh Tengah setelah dua hari sebelumnya melakukan kunjungan kerja ke Aceh Tenggara dan Gayo Lues. Ketika sampai ke Aceh Tengah, rombongan Mualem dijemput Bupati Aceh Tengah Ir H Nasaruddin MM bersama unsur Muspida di daerah perbatasan Ise-ise.

Dari sana Mualem dan rombongan langsung meninjau korban banjir di Desa Lumut, Kecamatan Linge. Di sana, Wagub Mualem menyerahkan  secara simbolis paket bantuan sembako dan sandang kepada korban bencana yang diterima langsung Rasyidin, Kepala Desa Lumut.

Rombongan Wagub kemudian melanjutkan peninjauan abrasi sungai di Desa Kala Kelip, Kecamatan Atu Lintang. Di sana Mualem berinteraksi dengan masyarakat setempat. Bencana abrasi di daerah perbatasan Jagung Jeget itu membuat dua unit rumah amblas ke sungai. Selain itu, jalan ke kebun warga juga terputus.

“Kami membutuhkan jembatan penyeberangan karena jalan di tepi sungai sudah putus akibat abrasi. Lebih bagus kalau pemerintah mau membangun jalan lain di tepi sungai agar kami bisa ke kebun,” kata seorang warga ketika mengetahui kedatangan Wagub ke lokasi bencana tersebut.

Dari sana Wagub kemudian menuju pendopo Bupati Aceh Tengah di Kota Takengon untuk makan siang. Usai rehat, Wagub melanjutkan peninjauan ke lokasi bencana lainnya di Kecamatan Kute Panang. Di dataran tinggi itu sebuah jembatan roboh akibat diterjang banjir bandang.

Di setiap daerah bencana yang ditinjau, Wagub mengatakan Pemerintah Aceh akan terus membantu, baik rehabilitasi korban maupun membangun kembali fasilitas yang rusak.

Ikut hadir dalam rombongan Wagub antara lain Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Prof Abubakar Karim, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Said Rasul, Kepala Dinas Sosial Aceh Bukhari, Kepala Dinas Pengairan Syamsul Rizal, Kepala Dinas Bina Marga Anwar Ishak, Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Hubungan Luar Negeri Taqwallah, anggota DPRA T Amru dan Bardan Sahidi, serta Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh Dr Mahyuzar.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply