Mualem hadiri rapat koordinasi pembangunan ekonomi Sumatera

WAKIL Gubernur Aceh Muzakir Manaf atau Mualem sejak kemarin, Selasa 19 Maret 2013, menghadiri rapat koordinasi gubernur se-Sumatera serta Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Rapat koordinasi itu digelar hingga hari ini, Rabu 20 Maret 2013 di Hotel Novotel Lampung.

Informasi yang diperoleh ATJEHPOSTcom dari Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Bappeda Aceh, Husnan, rapat koordinasi itu lanjutan dari rapat yang sebelumnya telah dilakukan di Medan.

Dalam pertemuan itu, kata Husnan, juga didesak segera dilaksanakan Peraturan Presiden nomor 32 tahun 2011 tentang master plan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia 2011-2025.

Beberapa pembahasan penting pada rapat kali ini, kata Husnan, di antaranya soal percepatan pelaksanaan pembangunan jalan high way dan high grade trans Sumatera.

Selain itu juga dibahas peningkatan kualitas jalan nasional, pemindahan trase kereta api yang menjadi penghubung wilayah mulai dari Aceh hingga lampung dan pembangunan Jembatan Selat Sunda.

"Dengan pembangunan tersebut diharapkan pertumbuhan ekonomi di Sumatera semakin baik. Untuk Aceh Pak Wagub mengusulkan peningkatan kualitas jalan nasional dan pemindahan trase kereta api," ujar Husnan saat dihubungi ATJEHPOSTcom, Rabu 20 Maret 2013.

Selain itu, kata dia, di sektor sumber daya alam, Mualem juga meminta Pemerintah Pusat mempercepat program pembangunan pemanfaatan sektor panas bumi untuk sumber energi dan peningkatan pelabuhan wilayah Aceh.[](rz)

  • Uncategorized

Leave a Reply