Molor, Rapat Banmus Soal Jadwal Pengambilan Sumpah Pon Cek

LHOKSEUMAWE – DPR Kota Lhokseumawe hingga kini belum menggelar rapat Badan Musyawarah untuk membahas jadwal pengambilan sumpah jabatan T Sofianus alias Pon Cek sebagai Pengganti Antar Waktu anggota DPRK dari Partai Demokrat menggantikan almarhum Amir Gani.

Informasi diperoleh The Atjeh Post, menyebutkan mulanya pimpinan DPRK Lhokseumawe menjadwalkan rapat Badan Musyawarah (Banmus) tentang hal itu akan dilaksanakan Selasa 5 Juni 2012.

Tapi pada hari itu, dari 13 anggota Banmus, yang hadir hanya 6 orang. Karena tidak mencapai kuorum, rapat Banmus batal dilaksanakan. Kini, pimpinan DPRK kembali menjadwalkan rapat Banmus bakal dilaksanakan, Kamis 14 Juni mendatang.

Menurut sumber di kalangan DPRK itu, pada Kamis kemarin 7 Juni 2012, ada dilaksanakan rapat Banmus. Namun tidak membahas tentang jadwal rapat paripurna istimewa pengambilan sumpah jabatan Pon Cek. Rapat Banmus tersebut hanya membahas jadwal rapat paripurna laporan kunjungan kerja dan hasil reses anggota DPRK.

“Memang sesuai jadwal awal, kita rencanakan rapat Banmus soal paripurna istimewa pengambilan sumpah Pon Cek 5 Juni. Tapi tidak cukup kuorum, karena (anggota Banmus) double acara pada hari yang sama. Sekarang sudah kita jadwalkan ulang, rapat Banmus pada 14 Juni nanti, mudah-mudahan tidak bergeser lagi,” kata Suryadi, Wakil Ketua DPRK Lhokseumawe saat dihubungi The Atjeh Post, Jumat sore, 8 Juni 2012.

Terkait rapat Banmus Kamis kemarin, Suryadi bilang, tidak dibahas tentang jadwal pengambilan sumpah Pon Cek, karena tidak diagendakan. “Dibahas satu-satu dulu,” kata politisi Partai Amanat Nasional ini.

Suryadi menyatakan tidak ada indikasi lain terkait belum dibahasnya jadwal pengambilan sumpah Pon Cek dalam rapat Banmus. “Bukan sengaja kita ulur-ulur, apalagi proses administrasi sudah beres semua, tinggal dibahas dalam Banmus untuk penentuan jadwal rapat paripurna istimewa DPRK,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, kendati Surat Keputusan Gubernur Aceh tentang Pengganti Antar Waktu anggota DPRK Lhokseumawe dari (almarhum) Amir Gani kepada T Sofianus alias Pon Cek sudah diterima pada 9 Mei lalu, tapi Badan Musyawarah DPRK belum menentukan jadwal pengambilan sumpah jabatan PAW anggota dewan itu.

Sekretaris DPRK Lhokseumawe Badruddin Ishak saat dihubungi lewat telepon selular, Senin 28 Mei 2012, membenarkan pihaknya telah menerima SK Gubernur Aceh tentang PAW anggota DPRK asal Partai Demokrat, 9 Mei lalu.

Namun Badruddin belum bisa memastikan kapan T Sofianus alias Pon Cek bakal diambil sumpah jabatan menggantikan Amir Gani yang telah meninggal dunia pada Desember 2011.

T Sofianus alias Pon Cek mengatakan Penjabat Gubernur Aceh Tarmizi A Karim telah menandatangani SK PAW anggota DPRK Lhokseumawe asal Partai Demokrat pada 30 April 2012. “SK Gubernur itu tertanggal 30 April dan diterima oleh pihak Sekretariat DPRK Lhokseumawe awal Mei lalu, tapi sejauh ini belum ada pemberitahuan ke saya, kapan akan dilaksanakan pengambilan sumpah,” katanya.

Pon Cek yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Lhokseumawe berharap DPRK segera menetapkan jadwal paripurna istimewa tentang pengambilan sumpah jabatan dirinya sebagai PAW anggota DPRK menggantikan almarhum Amir Gani.

“Dari sisi kepartaian, jika jadwal pengambilan sumpah PAW terus berlarut tentu merugikan partai kami. Sebab kekosongan anggota dewan dari Partai Demokrat harus segera diisi,” katanya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply