Migran Rohingya Ikut Takbir Idul Fitri di Kamp Pengungsian Langsa

Migran Rohingya Ikut Takbir Idul Fitri di Kamp Pengungsian Langsa

LANGSA – Imigran Rohingya dan Bangladesh ikut serta meramaikan takbir akbar di kamp pengungsian Pelabuhan Langsa, Kamis, 16 Juli 2015. Kegiatan ini difasilitasi oleh Majelis Assuni.

“Untuk pelaksanaan salat Idul Fitri 1436 H bagi warga Rohingya dan Banglades tetap dilakukan sesuai dengan keputusan Majelis Ulama Indonesia yang bertepatan 1 Syawal 1436 H atau 17 Juli 2015. Artinya sesuai dengan kita masyarakat Aceh,” ujar Tengku Mutia Nazwar dari Majelis Assuni.

Selain imigran Rohingya dan Bangladesh, beberapa organisasi kepemudaan dan keagamaan turut meramaikan takbir usai salat isya malam ini. Sementara pelaksanaan salat Idul Fitri di kamp pengungsian Rohingya akan diisi oleh Teungku Muhammad Musa sebagai imam dan Tengku Maskur El Wahdy sebagai khatib.

“Untuk lebaran kali ini ada pelajaran penting bagi kita semua karena keberadaan saudara kita muslim Rohingnya dan Bangladesh di tengah-tengah kita dengan penuh penuh penderitaan, kesulitan dan kesedihan yang mereka hadapi,” ujar Ketua Majelis Assunni Kota Langsa, Tengku Murdani.

Dia mengatakan keberadaan imigran tersebut bukanlah sebuah musibah bagi rakyat Aceh. Namun hal tersebut semua adalah nikmat yang telah diberikan sehingga hari raya Idul Fitri seperti ini dapat dijalankan dengan sempurna.[](bna)

Laporan: Fathoerrahman

Foto: Ilustrasi migran Rohingya. @Getty Image/bbc

Leave a Reply