Meriahnya Peringatan Hari Anak di Banda Aceh

Meriahnya Peringatan Hari Anak di Banda Aceh

BANDA ACEH – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Kota Banda Aceh, berlangsung meriah, Minggu, 30 Agustus 2015. Diawali pawai ribuan siswa-siswi PAUD hingga SMA, dan diakhiri melukis bersama (finger painting) pada kanvas panjang yang disediakan panitia di sisi selatan gedung Balai Kota Banda Aceh.
 
Berdasarkan siaran pers diterima portalsatu.com Senin/hari ini, usai melepas start pawai di Taman Sari, Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE bersama Kapolres Banda Aceh Kombes Zulkifli ikut berjalan kaki dengan rombongan pawai hingga finish di halaman balai kota sebagai lokasi acara puncak HAN.

Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Ir Badrunisa selaku ketua panitia, mengatakan, peringatan HAN 2015 untuk memberi ruang kepada anak untuk meningkatkan kreatifitasnya. “Sekaligus kita ingin membuka kesadaran masyarakat untuk melindungi dan meminimalisir angka kekerasan terhadap anak,” katanya.

Selain beragam pementasan seni seperti tarian Saman Gayo yang dibawakan sanggar Kelapa Gading SMAN 7, dan marching band TK Salsabila, pada acara tersebut juga diserahkan piala dan piagam serta uang pembinaan kepada Duta Anak/Forum Anak Kota Banda Aceh 2015. Sejumlah Lembaga PAUD dan Bunda PAUD mendapatkan penghargaan dari Pemko Banda Aceh.
 
Terbaik I Putra Duta Anak/Forum Banda Aceh 2015 diraih oleh Faiz Authar siswa SMAN 10 Fajar Harapan. Sementara Terbaik I Putri diraih oleh Wia Ulfa yang juga merupakan siswi SMAN 10 Fajar Harapan. Adapun Terbaik II Putra dan Putri masing-masing diraih oleh Raihan Tariq dan Farah Rafiqa. Keduanya perwakilan dari MTsN Model Banda Aceh.

Wali Kota Illiza dalam sambutan singkatnya mengharapkan agar Banda Aceh dapat benar-benar menjadi Kota Layak Anak. “Para orangtua di kota madani harus bisa mendidik anak-anaknya dengan penuh kasih sayang,” katanya.
 
Menurutnya, pada dasarnya tidak ada anak-anak yang bandel atau bodoh, tapi yang ada adalah anak-anak yang berkarakter. “Peran orang tua sangat penting dalam menjadikan generasi ke depan sebagai generasi yang benar-benar dapat menjalankan hidupnya sesuai apa yang Allah perintahkan.”
 
Di hari anak ini, kata Illiza, pihaknya ingin memberikan suasana yang bahagia bagi anak-anak dengan dengan bergam wahana bermain gratis hingga kegiatan finger painting. “Pesan kepada para orangtua, tidak mungkin anak-anak yang dididik tanpa kasih sayang bisa melahirkan kasih sayang kepada sesama.”
 
Terkait keberadaan taman bermain anak di Kota Banda Aceh, Illiza mengatakan pihaknya akan terus menambah jumlahnya disamping merevitalisasi taman bermain-taman bermain yang telah ada seperti di area Taman Sari dan Putroe Phang. “Kita juga terus menyerukan agar setiap gampong menyediakan fasilitas-fasilitas untuk bermain anak. Karena pada dasarnya anak-anak sangat senang bermain, dengan bermain sebetulnya mereka juga tengah belajar,” pungkasnya.
 
Turut hadir memeriahkan peringatan HAN 2015 di Balai Kota Banda Aceh antara lain Wakil Wali Kota Drs H Zainal Arifin, Ketua DPRK Arif Fadhillah SIKom, Sekdako Ir Bahagia Dipl SE beserta sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemko Banda Aceh. []

Leave a Reply