Mentan: 32 tahun lagi, petani Indonesia sejahtera

MENTERI Pertanian Suswono meluncurkan buku induk strategi pertanian 2013-2045 dalam pertemuan University Network for Tropical Agriculture (UNTA) di Kampus Darmaga IPB, Selasa (2/9).

Buku tersebut, akan menjadi panduan bagi stakeholder pertanian menuju seratus tahun kemerdekaan RI. Pada 2045, tuturnya, akan menjadi perspektif pembangunan pertanian dan pada tahun itu ditargetkan petani Indonesia sudah sejahtera. Sebab pada saat itu kebutuhan pangan akan meningkat dua kali lipat.

Suswono menuturkan, ada lima tantangan sektor pertanian saat ini yaitu lahan petani yang rata-rata hanya 0,3 hektar, produktifitas pertanian, industri, transformasi ekonomi, serta perubahan iklim dan ekonomi global. ''Perlu penanganan holistik untuk menghadapi tantangan itu,'' ungkap Suswono.

Paradigma pertanian berbasis pembangunan ekonomi perlu diubah ke paradigma baru. Pertama, pertanian untuk pembangunan. Pertanian harus jadi penggerak menyeluruh.

Paradigma kedua adalah bioindustri pertanian berkelanjutan dengan berbasis bahan bakar bioenergi. Sudah saaatnya industri beralih dari bahan bakar fosil ke bahan bakar terbarukan.

''Matahari yang bersinar sepanjang tahun harus bisa dimanfaatkan,'' ungkap Suswono. Lahan kepala sawit saja bisa berkaitan panjang dengan peternakan. Ampas CPO bisa digunakan sebagai pakan ternak. Kotoran ternak bisa dimangaatkan untuk menghasilkan biogas.

Pendidikan, kata Suswono, juga pentik dalam menciptakan inovasi, mitigasi perubahan iklim, teknologi pertanian dan bioenergi, diversivikasi pangan, serta rekayasa model lembaga kepada petani dalam manfaatkan tekonologi. Sehingga sinergi pemerintah dengan lembaga pendidikan menjadi penting.

Visi pembangunan pertanian 2013-2045, ujarnya,  merupakan, terwujudnya sistem bioindustri berkelanjutan yang memproduksi makanan sehat dan produk pertanian dan kelautan tropis bernilai tinggi. Strategi itu sudah dibahas dan disiapkan selama dua tahun dengan melibatkan berbagai disiplin dan kementerian.

''Saya yakin Indonesia mampu membangun dan memiliki bioindustri. 2014 akan ada model yang sudah diprogramkan,'' kata Suswono.[] sumber: republika.co.id

  • Uncategorized

Leave a Reply