Mensos Salim Segaf: Pemda Harus Tingkatkan Porsi Anggaran Sosial

PONTIANAK – Menteri Sosial Salim Segaf al Jufri menegaskan Pemerintah Daerah perlu meningkatkan porsi anggaran sosial dalam APBD."Masalah sosial sangat kompleks, tak bisa ditangani hanya oleh pemerintah pusat," kata Salim Segaf.

Salim menjelaskan, anggaran kementerian sosial pada 2012 senilai Rp 4,57 triliun. "Sebagian besar dikirim ke daerah untuk PKH, dana dekonstrasi serta tugas pembantuan. Jika masalah sosial dibiarkn akan mengganggu perkembangan eknomi, sebaliknya jika masalah sosial tertangani akan dorong ekonomi dan juga stabilits keamanan," ujar Mensos, saat berkunjung ke Panti Anak Al Amien, Pontianak.

Di sini Mensos menyampaikan bantuan Rp 30 juta kepada panti yang didirikan masyarakat sejak 2002 itu. "APBD Kalbar sekitar Rp 2 triliun, ada Rp 12 miliar untuk program kesejahteraan sosial," kata Mensos.

Dia menilai, angkat itu masih minim. "Dari 179 panti sosial yang ada, hanya tiga yang dikelola pemda, pantai lain inisiatif masyarakat untuk menangani masalah anak, lansia, dan paca," katanya. "Kami dapat bantuan Kemsos Rp 3,4 miliar untuk 137 panti (3.111 orang), masih ada 42 panti (1.260 org) yang belum terbantu. Hal ini kami tangani," ungkap Sekda Prov Kalbar M. Zeet Hamdy.

Mensos hadir di Kalbar dalam rangka proggram pemberdayaan masyarakat di daerah perbatasan. Sabtu besok Mensos bersama Menko Kesra, MenPU, Mendagri diwakili Sekretaris Badan Pengelola Perbatasan bersama Deputi MenegPDT ke dusun Camar Bulan, desa Temajuk, Sambas.

"Kemsos membantu merehab 100 RTLH (Rp 1 M), bahan bangunan untuk 100 korban becana (Rp 1,5 M) ditambah KUBE untuk 10 keluarga (1.000 KK) senilai Rp 2 M. Selain itu peresmian infrastruktur jalan dan pasar desa. Ini adalah proggram terpadu untuk merespon aspirasi masrakat, Kemsos sudah tentukan 50 kabupaten tertinggal yang jadi prioritas. []

  • Uncategorized

Leave a Reply