Menristek: Prodi Umum dan Prodi Agama Harus Bersinergi

Menristek: Prodi Umum dan Prodi Agama Harus Bersinergi

BANDA ACEH – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. Muhammad Nasir, mengatakan prospek Program Studi (Prodi) umum yang ada di Universitas Islam Negeri (UIN) di seluruh Indonesia bisa menjadi pendukung Prodi Agama yang selama ini diterapkan di UIN.

Menurut Prof. Muhammad Nasir, sebagai Prodi pendukung terhadap implementasi dan aktualisasi pendidikan agama, hal tersebut sangat penting supaya bisa sinergi antara Prodi umum dan Prodi agama.

“Dalam hal ini mungkin perlu adanya suatu planning dalam membuat kurikulum terhadap proses belajar mengajar di UIN termasuk UIN Ar-Raniry ini,” kata Prof Muhammad Nasir, Minggu 5 April 2015.

Pentingnya ada sinergitas antara Prodi umum dan Prodi agama bisa dicontohkan seperti dalam masalah makanan. Ke depan, diharapkan UIN mampu mengsinergikan antara dua prodi tersebut untuk dapat membedakan antara makanan halal dan makanan tidak halal.

“Contoh lain misalnya, dalam hal membangun rumah berciri khas islami. Dimana konsep-konsep yang telah dipelajari oleh prodi agama dapat disinergikan dengan prodi umum dalam membangunnya,” ujarnya.

Dalam hal perbedaan Prodi umum lebih mengkaji pada konsentrasi-konsentrasi mereka masing-masing untuk meningkatkan kesejahteraan manusia, karena Prodi umum merupakan bagian dari daya saing bangsa dalam bidang ilmu yang mereka kaji. [] (mal)

Leave a Reply