Menpora benarkan Manchester City akuisisi tim dari Indonesia

MENTERI Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, membenarkan adanya rencana tim Liga Inggris, Manchester City, mengakuisisi salah satu tim asal Indonesia. Roy juga menegaskan, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga mendukung wacana tersebut.

Wacana akuisisi yang akan dilakukan ManCity awalnya diungkapkan oleh Head Domestic Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM), Rio Sanggau. Dalam satu kesempatan, Rio mengaku mendapat informasi itu dari agen Daihatsu yang menangani kerjasama dengan ManCity. "Sudah ada pembicaraan soal itu ke Menpora," kata Rio saat itu.

Roy membenarkan pernyataan tersebut. Dia mengaku telah bertemu dengan perwakilan ADM guna membicarakan rencana akuisisi ManCity.

"Kami pemerintah masih menunggu. Namun pada prinsipnya kami mendukung semua upaya kolaborasi ini. Contoh, Indonesia menjalin kerjasama antara pemerintah dengan KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda)," kata Roy saat dihubungi VIVAbola, Rabu, 22 Mei 2013. 

Roy menjelaskan, secara definitif, ManCity belum menentukan tim yang bakal diakuisisi. Namun, Roy menegaskan bahwa kesempatan itu akan diberikan kepada klub amatir. "Prioritasnya lebih kepada tim amatir, bukan klub profesional," sambung Politisi Partai Demokrat tersebut.

Mengenai prosesnya seperti apa, Roy berpesan agar sama-sama menguntungkan. Dia tidak ingin akuisisi yang dilakukan menggunakan mekanisme yang biasa digunakan bank. Roy juga tidak ingin campur tangan terkait peluang pemain Indonesia merumput bersama ManCity.

"Unsur pemerintah harus benar-benar di luar dari proses akuisisi itu. Kami tidak perlu mencampuri urusan itu. Kalau goverment to goverment kami yang atur. Tetapi dalam kaitannya dengan business to business, mereka yang atur. Jangan sampai, pemerintah, seharusnya menjadi wasit, ikut menjadi pemain."[] sumber : viva

  • Uncategorized

Leave a Reply