Mengintip suasana tadarusan di Masjid Al Abrar Banda Aceh

ALUNAN irama ayat suci Al Quran yang dibaca remaja itu terdengar keras dari microphone di Masjid Al-Abrar Desa Lamdingin, Banda Aceh. Syahdu. Kamis malam, 11 Juli 2013, ATJEHPOSTcom mengunjungi mesjid tersebut.

Di sana terlihat 10 remaja yang sedang menyimak ayat-ayat Al Quran yang dibaca oleh salah satu di antara mereka. Sisanya ada juga anak-anak kecil dengan usia belasan tahun yang ikut nimbrung. Dengan membuat lingkaran kecil mereka juga menyimak bait-bait Asma Allah yang sedang dibacakan.

Salah seorang pengurus mesjid Al-Abrar, Taufik, mengatakan kegiatan tadarus merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap Ramadan. Pengisi tadarus adalah remaja Mesjid Al-Abrar asal Desa Lamdingin.

Kegiatan tadarus itu katanya dimulai setelah pelaksanaan salat Tarawih atau pada pukul 22.15 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB setiap malamnya. Tadarus baru akan berhenti setelah ayat Al Quran yang dibaca mencapai satu juz.

"Biasanya ada 10 orang remaja mesjid yang secara bergantian bertadarus. Satu malam targetnya satu juz," ujar Taufik.

Menurut Taufik, kegiatan tadarus Al Quran ditargetkan selesai atau khatam pada 27 Ramadan.

"Biasanya malam 20 Ramadan, kegiatan tadarus akan berlangsung sedikit lebih lama karena ayat-ayat yang dibaca bisa sampai 2 juz. Jadi target khatam 27 Ramadan bisa kita dapat," katanya.

Para remaja mesjid yang bertadarus biasanya juga disugukan makanan ringan dan minuman yang diantar oleh warga. Sedangkan ketika tadarusan telah khatam, remaja mesjid juga menggelar acara kecil seperti kenduri khatam.

"Malam biasa paling bagi mereka yang mengaji ada disuguhkan makanan dan minuman yang diantar oleh warga. Kalau khatam nanti biasanya ada kenduri kecil," katanya.[] ihn

  • Uncategorized

Leave a Reply