Mengenal Tim Meksiko di Piala Dunia 2014

MEKSIKO tampil di putaran final Piala Dunia untuk yang ke 15 kalinya. Kali ini mereka berharap dipayungi dewi fortuna demi mewujudkan target lolos ke perempat final di luar kandang untuk pertama kali. Sejauh ini, sukses Meksiko melangkah ke babak 8 besar Piala Dunia terjadi di kandang sendiri pada 1970 dan 1986.

Namun itu bukan tugas mudah mengingat banyak gangguan terhadap persiapan Javier Hernandez dan kawan-kawan. "El Tri" dua kali mengganti pelatih dalam tiga bulan terakhir. Federasi Sepak Bola Meksiko (FMF) memecat Jose Manuel de la Torre yang gagal membawa tim tampil mantap di babak penyisihan grup Zona Karibia, Amerika Tengah, dan Utara (CONCACAF).

Penampilan Meksiko terseok-seok dan kalah bersaing dengan Amerika Serikat, Honduras dan Kosta Rika, yang memastikan diri lolos langsung ke Brasil. Saat fase penyisihan grup menyisakan dua laga, De La Torre dipecat. FMF menunjuk Victor Manuel Vucetich untuk memimpin Meksiko menghadapi Panama dan Kosta Rika. El Tri menundukkan Panama 2-1, tetapi kalah 1-2 dari Kosta Rika di laga pamungkas.

Meski mampu membawa Meksiko ke babak play off melawan Selandia Baru, Vucetich dipecat. Ia dianggap gagal mengangkat penampilan tim. FMF pun memercayai Miguel Herrera sebagai pelatih baru. Hererra yang baru saja membawa Club America menjuarai Liga Meksiko, membayar kepercayaan dengan kemenangan agregat 9-3 dari dua laga lawan Selandia Baru.

Berbeda dengan pelatih sebelumnya, ia tak memanggil pemain Meksiko yang bermain di Eropa. Herrera lebih memercayai pemain yang bersinar di laga domestik. Kebijakan itu efektif meningkatkan kekompakan tim. Meksiko tampil apik sebagai tim tanpa bergantung pada nama besar seorang pemain.

Barulah ketika Meksiko memastikan diri lolos ke Brasil, ia memanggil sejumlah pemain yang bermain di Eropa, seperti Javier Hernandes (Manchester United), Andres Guardado (Bayer Leverkusen), dan Giovanni dos Santos (Villareal).[] sumber: kompas 

Ikuti berita lainnya tentang Piala Dunia di #Piala Dunia 2014

  • Uncategorized

Leave a Reply