Mengenal Lebih Dekat The Red Giants, Peserta Piala Gubernur Aceh 2012

BANDA ACEH – Asosiasi Sepak Bola Selangor (bahasa Melayu: Persatuan Bolasepak Selangor, sering disebut sebagai FAS atau Selangor) adalah tim sepak bola Malaysia yang berkompetisi mewakili daerah Selangor Darul Ehsan. Tim ini berbasis di kota Shah Alam dan bermarkas di Stadion Shah Alam. Saat ini, mereka bermain pada liga tertinggi di Malaysia, Liga Super Malaysia.

Tim ini didirikan pada tahun 1936. Perdana Menteri pertama Malaysia, Tunku Abdul Rahman Putra al-Haj ditunjuk sebagai presiden pertama tim ini. Saat ini, Devan Kuppusamy menjadi manajer tim sekaligus sebagai pelatih kepala.

Selama abad ke-20, Singapura menjadi tim saingan terberat mereka, sejak tahun 1921, sebelum mereka mundur dari kompetisi Malaysia setelah tahun 1994. Sebagai bagian untuk menghidupkan kembali persaingan di antara mereka, kedua tim bertanding satu sama lain pada Piala Sultan Selangor yang digelar setiap tahun sejak 2002.

Selangor merupakan tim tersukses dalam persepakbolaan Malaysia. Mereka telah meraih 32 gelar Piala Malaysia, 5 gelar kompetisi setingkat Liga Super Malaysia, 2 gelar kompetisi setingkat Liga Utama Malaysia, 5 gelar Piala FA Malaysia, dan 8 gelar Piala Amal.

Tim ini telah memenangkan treble dua kali pada tahun 2005 dan 2009. Tim ini juga berhasil meraih treble (tiga kemenangan turnamen sekaligus pada tahun yang sama) dua kali, yaitu pada musim 2005 dan 2009.

Treble pertama pada tahun 2005 diraih setelah Selangor menjuarai Liga Utama, Piala Malaysia, dan Piala FA, sementara treble kedua tahun 2009 diraih setelah Selangor menjuarai Liga Super, Piala FA, dan Piala Amal. Pada tahun 2010, mereka mempertahankan gelar Liga Super dan Piala Amal.

Tim yang dijuluki Raksasa merah (The Red Giants) atau Merah-kuning (The Red-yellows) ini akan mengikuti pertandingan Piala Gubernur Aceh 2012, di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, mulai Sabtu 15 Desember 2012 hingga 22 Desember 2012.

Selangor FA akan dijamu tim Makassar United pada laga perdana mereka, saat unjuk kebolehan di Kutaraja nantinya, pukul 16.00 Wib pada Minggu 16 Desember 2012.[bna]

Baca juga :

Sekilas Profil Klub Kelantan FA Malaysia Peserta Piala Gubernur Aceh 2012

  • Uncategorized

Leave a Reply