Mengenal Kampus Tempat Afriza Kuliah di Lhokseumawe

AKADEMI Kesehatan Aceh Utara merupakan penggabungan dari dua kampus yaitu Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan. Akademi Keperawatan dibentuk berdasarkan keputusan Menkes dan Bupati Aceh Utara tahun 1991. Sedangkan Akademi Kebidanan dibentuk berdasarkan keputusan Menkes tahun 1998, konversi dari SPK menjadi Akbid dan keputusan Bupati Aceh Utara tahun 2000.

Untuk efisiensi, pada tahun 2002 kampus ini disatukan menjadi Akademi Kesehatan. Secara teknik administratif berada di bawah pembinaan Dinas Kesehatan, untuk pelaksanaan operasional berada di bawah pembinaan Bupati Aceh Utara.

Meski menjadi milik Aceh Utara, lokasi kampus berada di wilayah Kota Lhokseumawe, tepatnya di Buket Rata, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe. Letak kampusnya persis di samping ruas jalan nasional Banda Aceh – Medan. Bersebelahan dengan kompleks rumah sakit Cut Meutia yang juga milik Pemda Aceh Utara.

Setiap pagi di kawasan ini sering macet karena padatnya arus lalu lintas. Banyaknya mahasiswa yang  hendak ke kampus, dan juga pegawai rumah sakit menjadi penyebabnya. Jika kita melintasi kawasan ini sekitar pukul 08:30 WIB, kecepatan kendaraan terpaksa harus dikurangi.
Di kampus itulah, Afriza Mutia, 20 tahun, mengenyam pendidikannya selama ini. Ia tercatat sebagai mahasiswi Jurusan Kebidanan tingkat tiga. Meninggalnya Afriza beberapa hari yang lalu langsung menjadi pembicaraan di kalangan kampus.

Salah seorang alumni, Ikbal, mengaku prihatin dengan kejadian yang menimpa Afriza. Kejadian itu terus membayang-bayanginya.

“Saya memang tidak mengenal Afriza, hanya melihat dan mengikuti informasi tentang dia lewat media saja,” kata Ikbal kepada ATJEHPOST.co, Kamis, 15 Januari 2015. Ikbal merupakan alumni Jurusan Keperawatan.

Dalam beberapa hari ini kata Ikbal, banyak yang bertanya-tanya tentang Afriza. “Karena kejadian ini terlihat heboh, dan kita doakan yang terbaik untuk saudara kita itu,” katanya.

Ikbal menambahkan, bagi mahasiswa AKKES yang akan melakukan praktek kerja lapangan biasanya ada yang langsung di kampus, ada juga di Puskesmas atau rumah sakit. Peminat kampus tersebut katanya semakin tinggi.

“Saya sendiri alumni tahun 2012,” kata Ikbal.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply