Menengok Kenang-kenangan Prof. Ali Hasjmy di Perpustakaan

Profesor Ali Hasjmy semasa hidupnya dikenal sebagai sastrawan, ulama dan tokoh yang dikenal memiliki peran penting dalam memajukan pendidikan Aceh. Ali Hasjmy pernah menjadi Gubernur Aceh ke-7 yang menjabat pada periode 1957-1964.

Salah satu ‘kenang-kenangan’ yang ditinggalkannya untuk masyarakat Aceh adalah sebuah pustaka yang berada di Jalan Sudirman, Banda Aceh. Pustaka yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Ali Hasjmy itu diresmikan pada 1991 silam. Pustakan ini awalnya adalah rumah pribadinya yang diwakafkan untuk kepentingan umum.

“Ia telah menjalankan perannya sebagai khalifah di muka bumi,” ujar salah seorang staf di Perpustakaan dan Museum Prof. Ali Hasjmy kepada atjehpost.co, Jumat, 9 Januari 2014.

Ali Hasjmy muda telah melanglang buana ke berbagai wilayah di Indonesia, Jepang, Korea, Eropa dan Timur Tengah. Ide dan pemikirannya tertuang dalam berbagai bentuk literatur. Sebagai mantan wartawan, Ali Hasjmy sangat mencintai buku. Pada 15 Januari 2015 nanti, Yayasan Pendidikan Ali Hasjmy tepat berusia 25 tahun.

Di pustaka ini terdapat sekitar 15 ribu jilid buku dalam berbagai bahasa seperti Aceh, Indonesia, Arab dan Inggris. Meski tidak ramai hampir setiap hari ada pengunjung yang datang ke pustaka ini. Tak hanya warga lokal saja, kadang-kadang juga didatangi orang-orang dari Jakarta dan Malaysia.

Perpustakaan ini dikelola oleh pemerintah daerah. Staf tersebut meminta pemerintah agar lebih memperhatikan keberadaan perpustakaan ini.[]

Laporan Saiful Haris

  • Uncategorized

Leave a Reply