Menelisik aktivitas panitia khusus DPR Aceh

HUJAN membasahi aspal di halaman Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Selasa pagi, 11 Juni 2013. Hanya ada satu unit mobil hitam terparkir di sana.

Tak ada satupun kegiatan yang tampak pagi hari ini. Para legislator Aceh memang sedang tak berada di Banda Aceh sejak Minggu lalu. Mereka ditugaskan untuk mengecek realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2012 di daerah pemilihannya masing-masing.

Informasi yang diterima ATJEHPOSTcom ada 8 Pansus DPR Aceh yang turun sesuai Dapil.

Pansus X meliputi daerah pemilihan I diketuai oleh Teungku Akhyar dari Partai Aceh, Wakil Ketua Safwan Yusuf dari Partai Demokrat dan Sekretaris Mawardi Ali dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Kemudian, Pansus XI yang dari Dapil 2 meliputi Pidie dan Pidie Jaya diketuai oleh Ketua Fraksi Partai Aceh  Teungku Harun, Wakil Ketua Nurlelawati dari Partai Golkar dan Sekretaris Teungku Anwar Ramli dari Partai Aceh.

Pansus XII dari Dapil 3 meliputi Aceh Jaya, Aceh Barat dan Nagan Raya diketuai oleh Ketua Badan Legislasi, yaitu Abdullah Saleh dari Partai Aceh, Wakil Ketua Mohammad Ali Al Fatah dari PAN dan Sekretaris Moharriadi Syafari dari PKS.

Kemudian Pansus XIII dari Dapil IV yang meliputi Bireuen, Bener Meriah dan Aceh Tengah diketuai oleh Firmandez dari PKPI, Wakil Ketua Adly Tjalok dari Partai Aceh dan Sekretaris Mansyur Nur Hakim dari Partai Aceh.

Pansus XIV dari Dapil V yang meliputi Aceh Utara Lhokseumawe dan Bener Meriah diketuai Ketua Komisi C Ermiadi Abdul Rahman dari Partai Aceh, Wakil Ketua Fuady Sulaiman dari PKS dan Sekretaris Teungku Muharuddin dari Partai Aceh.

Sedangkan Pansus XV dari Dapil 6 yang meliputi Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang diketuai oleh Nurzahri dari Partai Aceh, dan Wakil Ketua Jamaluddin T. Muku dari Partai Demokrat dan Sekretaris Yuniar dari Partai Golkar.

Pansus XVI dari Dapil 7 yang meliputi, Gayo Lues, Aceh Tenggara dan Subulussalam diketuai oleh Umuruddin Deski dari Partai Golkar, Wakil Ketua Irmawan dari PKB dan Sekretaris Syarifuddin dari Partai Patriot.

Terakhir, Pansus XVII dari Dapil 8 meliputi, Aceh Barat Daya, (Abdya), Aceh Selatan dan Simeuleue diketuai oleh Erly Hasyim dari PBB, Wakil Ketua T. Nasruddin dari Partai Aceh dan Sekretaris Muhubbussabri dari PPP.

Hari ini beberapa Pansus sedang menjalankan agendanya. Misalnya, Pansus XII DPR Aceh yang diketuai Abdullah Saleh. Menurut staf Pansus XII, pagi ini pihaknya sedang bertemu dengan Sekda Nagan Raya dalah membahas hasil pemakaian APBA 2012.

Kemudian dari Pansus XIII, rombongan sedang bergerak menuju Takengon seperti yang dikatakan Sekretaris Pansus XIII, Mansyur Nur Hakim agendanya sama untuk mengecek realisasi APBA.

Wakil Ketua Pansus X, Safwan Yusuf menyampaikan pengecekan realisasi APBA 2012 dimulai dari Banda Aceh. Sebelumnya mereka gagal berangka ke Sabang karena gelombang yang tinggi.

Sementara, Sekretaris Pansus XI, Teungku Anwar Ramli, sebelumnya menyampaikan kepada ATJEHPOSTcom, Pansus ini akan melihat jika terjadi ketidaksesuaian.

"Misalnya ada yang tidak sesuai kita akan pertanyakan dan jika ada pengeluaran yang fiktif, maka akan kita laporkan ke pihak yang berwajib bagi pelaksana yang melakukan," kata Anwar.

Menurutnya, hal itulah yang membuat seluruh Anggota DPR Aceh saat ini turun ke daerah pemilihan masing-masing.

"Dimana pedana APBA untuk proyek harus dapat terlihat hasilnya di lapangan," ujarnya.

Seluruh Pansus akan berakhir pada 15 Juli mendatang ditambah dengan Sabtu dan Minggu, maka seminggu mereka akan berada di daerah konstituen masing-masing. Pansus ini juga untuk menghimpun aspirasi masyarakat untuk APBA 2014 ke depannya.[] (mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply