Mendagri: 16 lembaga negara akan disederhanakan

MENTERI Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan 16 lembaga di Indonesia akan direstrukturisasi. Hal itu disebabkan anggaran yang disiapkan pemerintah terserap tidak begitu baik.

"Mungkin akan ada 16 lembaga akan disederhanakan. Setelah rapat dengan presiden, pemerintah pusat merasa pengeluaran dari beberapa lembaga perlu diefisiensikan," kata Gamawan Fauzi saat membuka Rakornas Kebijakan Pemerintah di Bidang Pemerintahan Umum di Hotel Media, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Rabu (6/3).

Seperti contoh, Mendagri mengaku sudah berbicara dengan Dirjen Kebudayaan, di dalamnya pegawai mereka sama besarnya dengan Kemendagri.

"Saya dapat data dari Dirjen Keuangan di daerah. Ada daerah penduduknya 16 ribu jiwa dan pegawainya 16 ribu juga tapi ada daerah penduduknya 16 juta jiwa tapi pegawainya 16 ribu juga," ujarnya.

Ditambah lagi banyak lembaga yang dana APBD-nya penyerapannya 70 persen hanya untuk belanja pegawai dan hanya 30 persen untuk kepentingan rakyat. Dia pun menilai hal ini tidak masuk akal.

"Hal ini juga sebenarnya tugas dari gubernur untuk mengontrol pengeluaran dan belanja pegawai. Itu sebabnya kita lakukan moratorium penerimaan PNS," kata Gamawan. | sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply