Menang 7-0, Timnas U-19 fokus perbaiki penyelesaian akhir

PELATIH Tim Nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri, memangkas agenda uji coba armadanya. Laga lawan Jember United di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Jumat (30 Agustus 2013), menjadi pertandingan terakhir dalam rangkaian uji coba Evan Dimas dkk sebelum melakoni Piala AFF U-19 mulai 9-22 September mendatang.

Sebelumnya, Timnas U-19 dijadwalkan masih akan menggelar uji coba satu kali lagi melawan klub internal PSSI Sidoarjo. Namun pemantapan organisasi permainan dinilai lebih vital karena waktu yang sudah mepet.

“Hanya tersisa 10 hari sebelum kick off Piala AFF U-19. Dengan waktu minim itu, pemain akan rawan cedera. Mungkin hanya game internal yang kita lakukan agar peak performance pemain tetap terjaga,” terangnya usai laga Jumat sore.

Menghadapi Jember United, Timnas U-19 menang telak 7-0. Tiga gol Timnas U-19 dicetak pada babak pertama masing-masing melalui Mukhlis Ning Syaifullah, Evan Dimas dan M Fatchur Rohman. Kemudian empat gol lainnya terjadi di babak kedua lewat sumbangan Evan Dimas, Dinan Yahdian Javier, Ilham Udin Armayn, dan Hendra Sandi.

Dengan hasil ini, timnas berarti tidak pernah terkalahkan dalam 4 kali uji coba. Melawan Uni Emirat Arab di Malaysia menjadi satu-satunya laga uji coba yang berakhir seri.  “Namun saya masih belum puas," tegas Indra.

"Terutama lawan Jember United. Dari tujuh gol yang tercipta, kebanyakan dari shooting di luar kotak penalti. Karenanya, finishing akan jadi evaluasi pertama tim pelatih. Itu guna menggelar game internal nantinya,” sambungnya.

Selain evaluasi penyelesaian akhir,sang pelatih juga menyebutkan kendala komunikasi di barisan pertahanan yang masih kerap muncul. Padahal melihat calon lawan yang bakal dihadapi, kelemahan itu bisa jadi masalah  jika tak segera dibenahi.

“Disiplin dan selalu mewaspadai pergerakan lawan. Selain itu support gelandang saat defensif dan bola mati. Ingat, Grup B nyaris tidak ada tim lemah. Brunei Darussalam saja bahkan sangat pesat perkembangannya. Belum lagi lawan-lawan seperti Thailand, Vietnam dan Malaysia,” bebernya.[] sumber: viva.co.id

  • Uncategorized

Leave a Reply