Maya Masyithah, Duta Wisata Langsa yang Hobi Bertualang Sendiri

SOAL raut wajah, takkan ada yang mendebat bahwa ia memang cantik. Tapi wajah cantik tak membuatnya lantas menjadi bak seorang putri. Maya Masyithah, Duta Wisata Langsa 2013 itu, adalah penyuka petualangan. 

"Dengan travelling, Maya bisa menemukan hal baru, bertemu orang-orang baru, pengalaman baru, juga mengenal karakter dan budaya tempat yang dituju," kata Maya saat berbincang dengan ATJEHPOST.Co, Rabu malam, 12 November 2014. 

Traveling dan berenang adalah dua hal yang hadir di benaknya. Renang, bagi Maya adalah menyatu dengan alam. "Menyatu dengan air membuat hati tenang dan rileks. Bisa menghilangkan stress," katanya sambil tertawa renyah. 

Maya berbicara dengan nada ceplas-ceplos. Baginya, tampil apa adanya lebih baik daripada sok jaim. Sesekali ia tertawa lepas dengan sinar mata berbinar. Alisnya yang tebal berpadu dengan bola mata yang bundar adalah anugerah Tuhan yang selalu disyukurinya. 

Tetapi itu bukan satu-satunya kelebihan Maya. Keberaniannya travelling ke tempat baru seorang diri adalah kelebihannya yang lain. 

"Maya pernah jalan ke Aceh Selatan sendirian naik bis, terus pulangnya memutar dari Medan. Asyik, baru hal baru yang dilihat sepanjang jalan," kata dara 22 tahun ini. 

Satu impiannya yang belum terwujud adalah mendaki gunung. Menonton film 5 cm membuatnya memendam harapan mendaki Mahamera. "Setelah nonton film itu pengen cepat-cepat menjumpai Mahameru," katanya dengan nada sumringah. 

Ia juga selalu menyimpan kagum pada perempuan-perempuan tangguh yang hobi menjelajah alam. Raline Shah dan Nadine Chandrawinata adalah dua perempuan yang menginspirasinya untuk kian mencintai alam. 

"Keren banget mereka. Cewek, tapi tangguh dan berani," katanya. 

Menjadi perempuan penyuka petulangan, tak berarti Maya melupakan perawatan tubuhnya. Seusai travelling, biasanya ia menyempatkan diri untuk merawat tubuh. Tiga hal yang menjadi perhatiannya adalah soal berat badan, menjaga kulit, dan merawat kuku. Karena itu, menjaga makanan, luluran dan sauna, tak pernah dilupakan seusai melakukan perjalanan jauh. 

"Biasanya Maya konsumsi buah-buahan, sayuran, vitamin dan perawatan alami dari rempah-rempah," katanya ketika ditanya tentang rahasia perawatan diri. 

Sebagai Duta Wisata Langsa, Maya banyak terlibat dalam kegiatan-kegiatan mempromosikan wisata daerahnya. Ia juga terlibat dalam kegiatan sosial dan organisasi kepemudaan. Saat ini ia adalah Wakil Sekretaris Sapma Pemuda Pancasila di kotanya. 

Ditanya soal tambatan hati, Maya ternyata sedang tidak punya pacar. Bukannya tak ada yang mau menjadi pendampingnya, tapi ia memilih sendirian lantaran tak ingin dikekang. 

"Maya masih muda, masih banyak yang ingin Maya lakukan tanpa harus terikat pada seseorang. Pacaran itu ribet!," katanya. Kali ini dengan nada tegas.

Lagi pula, Maya yang saat ini tercatat sebagai mahasiswi semester 7 di STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, ingin seperti Dian Sastro yang menyelesaikan sekolah pascasarjana. 
 
"Walaupun nantinya menjadi ibu rumah tangga, tapi Maya ingin menjadi ibu yang smart untuk mendidik anak-anak Maya kelak," tuturnya. 

Masih banyak cita-cita lain yang ingin direngkuhnya. Salah satunya, tahun depan ia ingin berpartisipasi sebagai salah satu kontestan Putri Pariwisata Indonesia. 

"Doakan impian Maya tercapai, ya," katanya sambil menyungging seulas senyum.[]

BIODATA:
Nama: Maya Masyithah

Prestasi :

Juara 1 pada kontes Busana Muslim Sanggar "Palofy" tahun 2002

Juara 1 Fashion show Busana Muslim dalam rangka Memperingati Pemuda Pancasila kota Langsa tahun 2005

Juara 3 kontes busana muslim tahun 2006

Juara 1 kontes Busana Muslim memperingati Hari kemerdekaan Indonesia 18 Agustus 2006

Mentri Seni dan Budaya STAIN Cot Kala Langsa 2013/2014

Duta Wisata Kota Langsa 2013

Finalis Duta Wisata Aceh 2013

  • Uncategorized

Leave a Reply