Mau tahu menu favorit buka puasa beru lesung pipi asal Gayo?

BERPUASA tidak membatasi beru Gayo ini untuk menikmati hidangan berisi makanan pedas saat berbuka. Beru atau gadis ini suka blacan (belacan) dan sambal asam udang ketika berbuka puasa.

Beru pemilik lesung pipi yang manis ini bernama Ade Sarinastiti. Kata dia, bumbu blacan dan asam udang benar-benar meresap dan lebih terasa Acehnya. “Kebetulan Ade juga orang Aceh,” ujar beru ini yang akrab disapa Ade pada ATJEHPOSTcom, Senin, 15 Juli 2013.

Itu sebabnya, Ade menyukai masakan khas Aceh untuk menu berbuka. Termasuk blacan dan sambal asam udang. “Saat berbuka Ade selalu menikmati masakan Aceh itu,” kata Ade yang juga lima besar Duta Wisata Bener Meriah 2013.

Ade lantas berbagi tips agar tidak sakit perut kalau keseringan makan blacan dan asam udang. “Blacan dan sambal asam udang dimakan bersama nasi dan tidak dimakan secara berlebihan,” ujarnya sumringah.

Selain blacan dan sambal asam udang, Ade menyiapkan beberapa menu masakan Aceh lainnya menjelang berbuka puasa. Misalnya, sayur asem, kuah bening, pepes ikan, juga pergedel kentang.

Ia juga suka kurma dan kanji rumbi. Soal makanan khas Gayo, beru ini punya satu makanan favorit. “Masakan Gayo favorit Ade, cecah angur atau sambal terong belanda yang memiliki cita rasa yang nikmat,” Ade kembali menebar lesung pipi.

Mengenai minum, Ade lebih banyak mengonsumsi air mineral. “Kadang-kadang juga minum es air kelapa atau minuman dingin lainnya,” katanya tanpa dusta.[](iip)

  • Uncategorized

Leave a Reply