Mau kenal lebih dekat dengan presiden baru Iran? Follow saja Twitter-nya

PRESIDEN terpilih Iran Hassan Rouhani ternyata cukup aktif di jejaring sosial Twitter. Pada Senin pagi, 17 Juni saja, ia memposting sekitar 50 tweet yang sebagian besar dalam bahasa Inggris.

Seperti dilansir mashable.com, lewat akun twitternya @HassanRouhani,  Presiden terpilih Iran itu berbicara beberapa hal seperti yang diungkapkan dalam konferensi pers hari ini. Di antaranya, ia mengatakan akan bekerja mengakhiri sanksi yang telah menghancurkan perekonomian Iran dengan mencoba bernegosiasi dengan Amerika Serikat dan sekutunya. Dia direncanakan mulai bekerja pada Agustus mendatang.

Secara khusus Hassan Rouhani menyinggung tentang isu nuklir yang selama ini membuat Iran mendapat sanksi dari dunia Barat.

"#Nuclear issue can only be solved via dialogue and mutual confidence. #Sanctions & threats no solution," tulis Rouhani.

"We don't want further tension. Both nations need 2 think more act future & try 2 sit down& find solutions to pas issues & rectify things."

Rouhani mengatakan, di bawah pemerintahannya, Iran menjanjikan lebih transparan soal teknologi nuklir. Iran juga tidak ingin ketegangan meningkat. Itu sebabnya, dia ingin kedua pihak mencari solusi dengan cara dialog dan menguntungkan kedua pihak. Namun begitu, Rouhani tetap menginginkan dunia internasional menghargai hak Iran mengembangkan teknologi nuklir.

Rouhani disebut-sebut sebagai figur ulama yang moderat. Meski dikenal dekat dengan Ayatullah Khomeini selaku pimpinan tertinggi Iran, Rouhani beberapa kali juga pernah mengkritik Khomeini.

Amatan ATJEHPOSTcom, di akun twitternya Rouhani juga memposting beberapa rekaman video tentang pernyataannya bagi masa depan Iran. Dari empat orang yang difollow Rouhani, salah satunya adalah akun @khamenei_ir milik Ayatullah Sayed Ali Khamenei.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply