Masyarakat Pesisir di Idi Rayeuk Minta Dibangun Tanggul Pemecah Ombak

IDI RAYEUK – Warga Desa Blang Geulumpang dan Desa Teupien Nyareng Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur berharap agar tanggul pemecah ombak yang sudah ambruk segera dibangun kembali.

Salah seorang tokoh masyarakat Blang Geulumpang, Samsul, kepada ATJEHPOSTcom mengatakan, tanggul pemecah obak yang lama sudah ambruk dan rusak total. Sehingga katanya tidak mungkin lagi menahan gelombang pasang yang terjadi.

“Tanggul sepanjang kurang lebih 1 kilo meter di pesisir pantai Desa Blang Gelumpang dan Desa Teupin Nyareng yang mengalami kerusakan tersebut tidak mampu lagi menahan air, hingga abrasi ke daratan,” ujarnya, Minggu, 30 Desember 2012.

Oleh karena itu, warga dari dua desa tersebut meminta pemerintah membangun tanggul di bibir pantai dan juga membangun tanggul pemecah ombak yang baru. Jika tidak katanya, masyarakat terus dihantui oleh ancama gelombang pasang yang bisa menghancurkan pemukiman.

“Karena sebelumnya, dalam dua sampai tiga tahun banyak rumah warga yang terkikis oleh abrasi akibat diterjang pasang purnama, hal itu dikarenakan tanggul penahan ombak di pesisir pantai sepanjang satu kilo meter jebol,” ujarnya.[] (ihn)

  • Uncategorized

Leave a Reply