Masyarakat Aceh Utara Dihimbau Waspadai Api di Musim Kemarau

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara menghimbau masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap bencana dan musibah di musim kemarau. Salah satunya mewaspadai dampak kekeringan seperti kebakaran.

“Kita harap masyarakat lebih berhati-hati dalam bermain api. Jangan meninggalkan sampah yang dibakar, karena bisa jadi menjalar ke tempat lain,” ujar Kepala BPBD Aceh Utara, Ir Junaidi kepada ATJEHPOST.com, Selasa, 4 Maret 2014.

Musim kemarau yang diperkirakan akan berlangsung cukup lama ini menimbulkan kekhawatiran terhadap kemungkinan terjadinya bencana kebakaran hutan. Junaidi juga menghimbau masyarakat agar tidak membakar sampah sembarangan, termasuk tidak membuang puntung rokok yang masih menyala.

Dia juga berharap agar kaum ibu yang memasak menggunakan kayu bakar, tidak lupa mematikan bara api setelah memasak. “Bara api yang dibiarkan menyala dan ditinggalkan setelah memasak dapat berdampak buruk. Percikan apinya dapat mengakibatkan kebakaran,” katanya.

Menurut Junaidi, terdapat beberapa kasus kebakaran yang terjadi di musim kemarau di awal tahun 2014. ”Saya lupa jumlah kasusnya. Namun yang jelas, hindari pemakaian api sembarangan untuk menghindari kebakaran,” ujarnya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply