Marty Natalegawa Tekankan Koordinasi Negara APEC Hadapi Bencana

JAKARTA – Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa menghadiri pertemuan tingkat Menteri Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) tanggal 5 September 2012, di Vladivostok, Rusia.

Pertemuan Tingkat Menteri digelar mendahului pertemuan Pemimpin APEC yang akan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tanggal 8-9 September 2012, yang  mengangkat tema “Integrate to Grow, Innovate to Prosper”.

Para Menteri APEC membahas langkah-langkah yang dapat diambil APEC, agar terus dapat menjadi lokomotif pertumbuhan dunia khususnya di saat dunia masih dalam krisis ekonomi global.

Secara khusus para Menteri akan membahas tantangan yang dihadapi negara-negara APEC, terkait masalah ketahanan pangan dan kesiapan menghadapi bencana (emergency preparedness).

Terkait ketahanan pangan, Menlu Natalegawa menyatakan bahwa naiknya harga pangan belakangan ini menjadi peringatan bahwa krisis pangan tahun 2007-2008 dapat terjadi kembali. Menlu menekankan pentingnya APEC dan organisasi internasional lainnya untuk memberikan perhatian serius pada masalah ini.

“Masyarakat internasional harus mengambil langkah-langkah konkrit guna mencegah terjadinya gelombang baru penderitaan masyarakat kelompok rentan khususnya di negara-negara berkembang karena krisis pangan,” tutur Natalegawa.

Ia menyampaikan bahwa peran swasta menjadi penting dalam mengatasi fluktuasi harga pangan dan mendukung upaya mencapai ketahanan pangan.

“Kita harus mendorong terus kerjasama publik dan swasta secara di APEC dalam masalah ketahanan pangan,” tegas Menlu.

Terkait masalah kesiapan menghadapi bencana, Menlu menyampaikan penting bagi negara untuk meningkatkan kesiapan terhadap bencana serta meningkatkan kapasitas untuk mempercepat pemulihan, rekonstruksi dan rehabilitasi daerah yang terkena bencana.

Upaya untuk mempercepat pemulihan daerah yang terkena bencana akan dapat membantu pemulihan perekonomian daerah yang terkena bencana.

Untuk itu koordinasi, sinergi dan kerjasama di tingkat regional dan global perlu ditingkatkan dalam proses pemulihan dan rekonstruksi pasca bencana termasuk dengan melibatkan sektor swasta.

“Kita perlu meningkatkan koordinasi dan kolaborasi guna meningkatkan kesiapan menghadapi bencana termasuk melalui peningkatan kerjasama sektor publik dan swasta”, kata Marty.

Pertemuan tingkat Menteri APEC yang dihadiri oleh para Menteri Luar Negeri dan Perdagangan negara anggota APEC akan menyepakati suatu pernyataan bersama.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply