Martino diyakini bakal sukses di Barca walau belum berpengalaman di Eropa

PENUNJUKKAN Gerardo Martino sebagai pelatih Barcelona tidak jarang diragukan lantaran belum pernah melatih di Eropa sebelumnya. Fakta itu diyakini tidak akan berpengaruh dan Martino akan sukses.

Awal pekan ini, Martino diumumkan akan menggantikan Tito Vilanova yang mundur guna meneruskan perawatan penyakit kanker. Pelatih asal Argentina ini dikontrak dua tahun dan akan diperkenalkan secara resmi pada Jumat 26 Juli 2013.

Dalam kariernya sebagai pelatih, Martino lebih banyak malang melintang di Amerika Selatan. Bersama klubnya yang terakhir, Newell's Old Boys, pelatih yang akrab disapa Tata ini menjuarai Clausura di Primera Division Argentina dan meloloskan ke semifinal Copa Libertadores 2013.

Selain itu, Martino juga pernah membesut timnas Paraguay. Pelatih yang kini berusia 50 tahun itu nyaris meloloskan Paraguay ke semifinal Piala Dunia 2010 sebelum kalah tipis dari sang juara Spanyol 0-1. Setahun berikutnya, Paraguay dibawanya sampai final Copa America.

Cesar Luis Menotti, orang Argentina terakhir yang melatih Barca sebelum Martino, mengomentari pekerjaan yang akan dihadapi kompatriotnya itu. Menurut Menotti, Martino tidak perlu khawatir karena lebih sulit melatih tim di negeri sendiri ketimbang di Spanyol.

"Newell's adalah sebuah klub yang sulit dikelola. Ketika Anda kalah, Anda tidak akan bisa jalan-jalan. Saya selalu bilang kepada (Bernd- mantan pelatih Real Madrid) Schuster bahwa lebih sulit melatih di Argentina daripada di Spanyol. Martino masih muda tapi dia sudah melatih sebuah tim di Piala Dunia," ucap Menotti kepada Marca.

Menotti juga yakin betul Martino tidak akan mengutak-atik formula Barcelona. "Dia akan segera mengenal Catalan dan Barcelona untuk mengeluarkan kemampuan terbaik tim."

"Saya kira tidak ada orang yang berani mengubah formula tim yang telah menghasilkan 15 titel juara, tidak Martino tidak juga pemain baru seperti Neymar," sambung Menotti.[] sumber : detik

  • Uncategorized

Leave a Reply