Mari Ramaikan Festival Kota Hijau HUT 810 Banda Aceh

Mari Ramaikan Festival Kota Hijau HUT 810 Banda Aceh

BANDA ACEH – Memeriahkan HUT Banda Aceh yang ke-810 tahun, Dinas Pekerjaan Umum Banda Aceh akan menggelar Festival Kota Hijau pada 8-10 Mei 2015 mendatang.
Festival yang ditujukan untuk masyarakat, muda-mudi dan komunitas hijau itu mengusung tema “Action to Green City” dan dibuat di Taman Putroe Phang, Banda Aceh.
Untuk menyukseskan kegiatan ini, dinas PU menggandeng Forum Komunitas Hijau dan Ceudah Organizer.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Banda Aceh, Samsul Bahri, berharap melalui kegiatan festival kota hijau ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian generasi muda terhadap pentingnya peran mereka dalam mejagan ruang hijau dan merawat lingkungan.
“Rasa peduli lingkungan menumbuhkan semangat untuk saling menjaga dan beraksi untuk Kota Banda Aceh yang layak huni. Kepadatan penduduk Kota Banda Aceh yang terus meningkat setiap tahunnya juga harus diimbangi dengan ketersedian ruang terbuka hijau untuk publik, pemerintah kota sudah menyediakan fasilitasnya, sekarang peran kita semua dalam merawat dan menjaganya” kata Samsul, kepada portalsatu.com melalui siaran pers yang dikirim Humas Pemko Banda Aceh hari ini, Minggu, 3 Mei 2015.
Lewat Forum Komunitas Hijau Banda Aceh yang menjadi motor penggerak utama kegiatan ini katanya, festival ini bisa menjadi aksi setiap elemen masyarakat terhadap ruang hijau kota.  Momen ini juga diharapkan mempersatukan seluruh komunitas-komunitas serta LSM yang peduli tentang penghijauan dan lingkungan.
“Aksi satu pihak tentu sangat berarti, namun bayangkan jika semua elemen ini disatukan dan bergerak untuk Kota Banda Aceh yang lebih baik, dan tentu layak dikunjungi sebagai salah satu tujuan wisata,” katanya.
Mushawwir dari Ceudah organizer berharap kegiatan ini betul-betul bisa memberi aksi kepedulian semua pihak tentang pentingnya menjadikan Banda Aceh sebagai Kota Hijau yang nyaman dan layak dikunjungi.
“Pemerintah Kota Banda Aceh sudah mau untuk mensponsori kegiatan ini dan sekarang giliran kita generasi muda dalam berpartisipasi dalam festival ini,” kata Mushawwir.
Mushawwir menambahkan, bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain pameran akan diikuti oleh komunitas-komunitas hijau yang ada di Kota Banda Aceh.
Selain itu juga ada beberapa kompetisi seperti aksi mewarnai, lomba menggambar untuk SD/Min sederajat, lomba mading dan lomba fashion show daur ulang tingkat SMA/MA/SMK se-Kota Banda Aceh, serta photography competition bertemakan hijau Banda Aceh.
Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan kesenian khas daerah oleh Sanggar Seni Seulaweut (S3), penampilan kreasi band oleh The Prak Band komunitas, dan Innoncent.[] (ihn)

Leave a Reply