Mapesa Tolak Rencana Pembangunan Lapangan Golf di Lamreh

BANDA ACEH – Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (Mapesa) menolak rencana pembangunan lapangan golf di kawasan bukit Lamreh, Krueng Raya, Aceh Besar. Mereka menilai situs sejarah yang berada disana lebih bernilai dari pada lapangan golf.

Sekertaris Mapesa Muhajir, kepada The Atjeh Post, Jumat, 22 Juni 2012 juga mendesak pemerintah setempat untuk tidak mengizinkan pembangunan lapangan golf tersebut.  “Bila ini dibiarkan, sama saja pemerintah telah lalai merawat dan melestarikan situs sejarah yang dilindungi Undang-undang,” katanya. Mapesa juga siap mengerahkan massa untuk meneggakan sejarah Aceh tetap jaya.

Muhajir mengatakan, sebetulnya rencana pembangunan lapang golf itu sudah diwacanakan sejak 2010 lalu dan langsung dipermasalahkan oleh International Center for Aceh Ocean Studies (ICAIOS) Itulah sebabnya sempat terhenti. “Seiring berjalannya waktu kegiatan rencana tersebut mulai pudar, dan akhir-akhir ini kembali mencuat, secaran nasional,” katanya.

Di sisi lain, Muhajir berharap ada para peneliti sejarah Aceh bisa mengungkap secara tuntas kerajaan Lamuri di Desa Lamreh tersebut. “Agar informasinya tidak simpang siur dan bisa menjadi catatan penting bagi masyarakat, “ujar Muhajir. []

 

  • Uncategorized

Leave a Reply