Malaysia klaim kalahkan pasukan Sulu di Sabah

MALAYSIA mengklaim telah berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Sulu di Lahat Datu, Sabah, seelah mengerahkan jet tempur dan peralatan perang lainnya.

Hal itu dikatakan Inspektur Jendral Polisi Malaysia Tan Sri Omar Ismail seperti dikutip The Star, Selasa siang, 5 Maret 2013. Omar Ismail mengatakan tidak ada korban dari Malaysia, tapi dia juga tidak menjelaskan apakah pasukan Sulu berhasil ditumpas atau melarikan diri ke Sulu di Filipina.

"Seluruh wilayah Lahad Datu telah berhasil dikuasai, tapi militer tetap bersiaga penuh," kata Omar Ismail.

Pasukan Malaysia dengan dilengkapi jet tempur, tank militer dan tujuh batalyon tempur menyerang kampung Tanduo di ujung Kalimatan yang dikuasai sekitar 200 pasukan Kerajaan Sulu. Serangan dimulai sejak fajar setelah salat Subuh.

Pihak Kesultanan Sulu belum mengeluarkan komentar apapun sejak serangan besar itu dimulai tadi pagi. Sebelumnya, Raja Muda Agbimuddin Kiram yang memimpin pasukan tersebut menyatakan mereka tidak akan menyerah atau pulang ke Filipina sebelum merebut kembali Sabah dari Malaysia.

Seperti diberitakan Reuters, saksi mata yang berada dekat dengan perkampungan Tanduo mengatakan je tempur Malaysia sudah meraung di atas perkampungan ketika pasukan Malaysia mulai bergerak.

Ketegangan di ujung timur laut Kalimantan itu dimulai ketika ratusan orang bersenjata yang mengaku pasukan Kerajaan Sulu di Filipina datang ke Sabang untuk mengambil kembali kawasan Sabah. Mereka mengklaim Sabah merupakan wilayah Kesultanan Sulu yang dipinjam oleh Inggris mada masa

Pemerintah Malaysia mencoba mengultimatum orang-orang bersenjata tersebut untuk segera pulang ke Filipina. Tapi bentrokan bersenjata tidak dapat dihindarkan pada Jumat pekan lalu ketika pasukan Kesultanan Sulu tersebut berkeras tidak mau meninggalkan Sabah. []

  • Uncategorized

Leave a Reply