Malam Ini Film Tsunami Nyanyian 1907 Diluncurkan di Sultan Selim Banda Aceh

BANDA ACEH – Komunitas Audio Visual malam ini meluncurkan film dokumenter “Nyanyian 1907” sebagai wujud untuk mengkampanyekan sadar bencana. Selain itu juga untuk menafsirkan kembali apa yang telah dilakukan di masa lalu sebagai bahan kajian di masa kini dalam hal kebencanaan. Peluncuran tersebut dilakukan di Gedung Sultan Selim II Banda Aceh, Selasa, 25 Desember 2012.

Pendidikan kesiapsiagaan bencana harus terus digulirkan kepada masyarakat termasuk melalui media kreatif. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya melalui media film , mengajak masyarakat sadar bencana, terutama generasi dimasa yang datang.

Film ini bercerita tentang seorang saksi hidup peristiwa Tsunami 1907, Nenek Rukiah  yang tinggal di kaki bukit desa salur Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulu. Ia menceritakan tentang besarnya bencana yang terjadi dan dampak yang dirasakan. Dan dibuktikan oleh beberapa benda yang masih mengingatkan masyarakat Simeulu akan dahsyatnya bencana Tsunami 1907 dan 2004. Bukti kuatnya Tsunami 1907 juga dapat ditemukan Batu Coral besar yang berasal dari kedalaman laut di daratan  Kabupaten tersebut

Peluncuran film pembelajaran tsunami juga akan dilakukan oleh puluhan sineas muda pada Rabu, 26 Desember 2012, pada pukul 08.30 WIB, di Museum Tsunami. Pemutaran film ini dimaksudkan untuk membangun nilai silaturrahmi antar komunitas dan sineas dengan masyarakat Aceh.  Memupuk semangat kreatif, inovatis serta menjadi inspirasi bagi pembangunan Aceh Pasca Tsunami.

Ada 12 Film yang akan diputar yakni; Smong & Nandong Semangat Nelayan Pulau Simeulue karya Sarang Multimedia, Meulinteng Saheh karya Leubeng, Benang Merah Harapan karya Benang Merah Productions, Berguru Sebelum Petaka karya Seukeum,  Nyanyian 1907” karya Komunitas Audio Visual Anek Nanggroe (KAVAN), Peunacong karya Forum Alumni Muharram Journalis Collage (FAMJC), Masihkah Punya Harapan karya RAGAM, Tsunami Song karya Layar Kaca Production, 26 Desember 2004” karya  Museum Tsunami, A World Of Difference”  karya zhet Production, Disaster Reduction karya Aceh Movie Maker (AMM).[] (ihn)

  • Uncategorized

Leave a Reply