Mahasiswa Unsyiah Sumbang 125 Kantong Darah

Pemerintahan Mahasiswa (PEMA) Unsyiah bekerjasama dengan korp sukarela PMI unit 01 Unsyiah berhasil mengumpul 125 kantong darah pada  kegiatan donor darah “give blood, save lives” di pelataran parkir perpustakaan Universitas Syiah Kuala selama 15-16 Februari 2012.  

Komandan KRS Unit 01 Unsyiah, Muhammad Ridha menjelaskan, agenda ini merupakan kegiatan organisasi dalam bidang kemanusian antara PEMA dan PMI Unsyiah guna meningkatkan rasa keperdulian mahasiswa terhadap masyarakat yang membutuhkan darah.

“Kami juga mengundang TNI/Polri. Alhamdulillah beberapa dari mereka datang, tapi para pendonor lebih kami khususkan untuk mahasiswa,agar mahasiswa sadar untuk mendonor darah sukarela, karena stok darah semakin menipis untuk kebutuhkan masyarakat,” ujar Ridha.

Semua darah yang terkumpulkan, kata Ridha, diserahkan ke Unit Transfusi Darah Cabang Banda Aceh untuk mengatasi kelangkaan darah.

Namun dari sejumlah kantong darah yang di serahkan kepada UTDC Banda Aceh, terdapatkan 2 kantong darah yang gagal. “Darah tidak mencukupi kantong, karena pendonor merasa pening ketika proses transfusi darah dilakukan” ujar Iwan, salah satu karyawan di UTDC Banda Aceh

Ada juga beberapa golongan darah yang mengalami kelangkaan dari para pendonor, seperti darah A rhesus Negatif dan O rhesus Negatif. “kelangkaan itu disebabkan golongan darah tersebut jarang d dapatkan dari masyarakat Aceh, biasanya golongan darah tesebut terdapat pada orang bule’’ kata Iwan.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply