Mahasiswa Gayo Usulkan Sekolah Kopi

PEMERINTAH Aceh diminta segera membangun satu sekolah kopi di dataran tinggi Gayo. Keberadaan sekolah ini dinilai penting untuk meningkatkan kualitas serta kemasan kopi Gayo.

Usulan ini terungkap dalam pertemuan antara mahasiswa Gayo dengan petinggi Partai Aceh di kantor DPA Partai Aceh di Banda Aceh, Kamis pagi, 27 Februari 2014.

“Kalau bisa dibangun sekolah kopi di Gayo. Ini karena daerah Gayo merupakan penghasil kopi. Keberadaan sekolah kopi ini akan membuat kopi Gayo lebih berkualitas lagi nantinya,” kata Mahfud, salah seorang mahasiswa Gayo.

Belajar dari pengalaman Jepang, kata dia, negara itu juga dikenal dengan tehnya yang terbaik. Di negara itu, juga dibuka sekolah teh yang mengajarkan para siswa atau mahasiswanya untuk menghasilkan teh terbaik dari segala sisi.

“Bagaimana menghasilkan teh terbaik? Kualitas, produksi hingga kemasan. Hal ini juga penting dikembangkan di Gayo, seperti mendirikan sekolah kopi,” kata Mahfud.

Menyangkut hal ini, Wakil Ketua Umum Partai Aceh, Kamaruddin Abubakar mengatakan usulan pendirian sekolah kopi di Gayo sangat bagus. Usulan ini nantinya akan diteruskan kepada pimpinan Aceh saat ini.

Kamaruddin Abubakar yang akrab disapa Abu Razak, mengatakan sangat penting adanya kemandirian usaha bagi masyarakat di Aceh saat ini. Kemandirian usaha juga akan mengikis animo masyarakat untuk mendaftar PNS.

“Seperti kata teman tadi, sekolah kopi bisa meningkatkan kualitas kopi di sana. Akhirnya masyarakat lebih memilih berwirausaha daripada menjadi PNS,” kata Abu Razak.

  • Uncategorized

Leave a Reply