Mahasiswa FMIPA Unsyiah Raih Juara di Olimpiade Sains Pertamina 2012

JAKARTA – Mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah Khairul Rizki, berhasil meraih juara kedua pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2012 untuk kategori proyek sains.

Acara penganugerahan dihadiri oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Illah Sailah, Sekretaris Perseroan PT Pertamina Nursatyo Arfo dan Wakil Rektor UI Sunarji, acara berlangsung di Auditorium Pertamina Pusat di Jakarta, Jumat, 30 November 2012.

Proyek yang diusung oleh Khairul adalah KOSAPA (Kompor Sabut Kelapa) Penghasil Asap  Cair Sebagai Alternatif Penggunaan Energi Terbarukan.

Sedangkan juara pertama diraih oleh Grandprix Thomryes Marth Kadja, dari Universitas Indonesia, dengan proyek berjudul Aplikasi Zeolit Alam Indonesia dan Na-Zeolit Alam Indonesia sebagai Katalis Rengkah Polietilena Menjadi Fraksi Minyak Bumi.

Sedangkan pemenang ketiga adalah Agung Heru Yatmo dari Universitas Brawijaya, dengan proyek REBICHA (Reaktor Biogas Chorella) Alat Pemurnia Biogas Portabel.

“Para peserta OSN Pertamina patut berbangga hati karena berhasil mewakili 260 ribu mahasiswa MIPA (Matematika dan IPA) yang berasal dari sekitar 1.300 program studi (prodi) sains yang ada di Indonesia,” ungkap Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI, Dr. Illah Sailah, melalui rilis yang diterima ATJEHPOSTcom pada Sabtu malam, 1 Desember 2012.

Ia menambahkan, sains merupakan salah satu ilmu primadona di Dikti karena saat ini Dikti sedang menyiapkan beasiswa S2 besar-besaran bagi para calon dosen demi memperbanyak jumlah magister di Indonesia.

Wakil Rektor UI Sunardji, menyampaikan kebanggaannya dapat bekerja sama menggelar Olimpiade Sains bersama PT Pertamina sejak tahun 2008.

“Dari kerjasama ini diharapkan dapat mendukung lahirnya para ilmuwan muda yang dapat memecahkan permasalahan energi maupun lingkungan,” kata Sunardji.[] (ihn)

  • Uncategorized

Leave a Reply