Mahasiswa Fakultas Dakwah sidang akhir dalam bahasa Inggris

FAKULTAS Dakwah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh kembali menggelar sidang munaqasyah mahasiswanya dalam bahasa Inggris di ruang sidang kampus itu, 1 Agustus 2013.

Siti Sarah Basyaruddin yang menuliskan tugas akhirnya dalam bahasa Inggris ini berasal dari Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI).

Siti menuliskan skripsinya dengan judul, “The Role of Scool Counselling Service in Handling Student Addicted to Facebook, (Study at SMAN 3 Banda Aceh).”

Menurut Ketua Sidang Mira Fauziah, S.Ag, M.Ag, Siti Sarah mengajukan proposal skripsinya dalam bahasa Inggris, dan di Fakultas Dakwah sudah dilakukan beberapa kali sebelumnya. Oleh karena itu tidak menjadi hambatan baik dari dosen pembimbing maupun penguji.

“Dalam sidang skripsi ini, Siti sangat aktif dan mampu perpresentasikan hasil penelitian dan penulisan ilmiahnya dengan baik, dalam pembahasannya diceritakan tentang layanan konseling terhadap siswa yang kecanduan facebook, studi pada SMAN 3 Banda Aceh,” kata Mira.

Mira menambahkan, dari hasil penelitian yang dituliskan dalam skripsinya menyimpulkan bahwa pengguna facebook ada dua kategori.

Pertama menggunakan facebook dapat bermanfaat sebagai media sosial dan informasi. Namun disisi lain menurut dituliskan Siti, pengguna facebook banyak juga yang tidak bermanfaat seperti yang menghabiskan banyak waktu dengan facebook sehingga tidak sempat belajar.

“Hasil penelitian, siswa di SMAN 3 Banda Aceh sebagai sampel, para guru belum mengetahui tentang pengguna facebook yang berlebihan, sehingga melalaikan pelajarannya, hal itu dikarenakan siswa yang menggunakan facebook dengan waktu yang lama biasanya dilakukan di luar jam sekolah atau pada malam hari,” ujar Mira yang juga Wakil Dekan Fakultas Dakwah.

Menurutnya, sidang berjalan dengan lancar dan akan memperoleh nilai sangat memuaskan. Adapun  yang menjadi sekretaris sidang adalah Ade Irma, BHSC, MA, sedangkan penguji dipercayakan pada Kamaruddin, MA dan Rahmi.[] (mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply