Maduro menang pemilihan umum Venezuela

KOMISI Pemilihan Umum Venezuela hari ini menyatakan kandidat calon presiden dari partai berkuasa, Nicolas Maduro, dinyatakan menang dalam pemilihan umum presiden dengan meraih 51 persen suara.

Kantor berita Reuters melaporkan, Senin (15/4), sementara lawan Maduro, yang juga Gubernur dari Negara Bagian Miranda, Henrique Capriles, mendapat 49 persen suara.

Dengan kemenangan ini, Maduro dapat meneruskan kembali kebijakan sosialis yang sebelumnya dibawa mendiang Hugo Chavez di Venezuela.

Seperti diberitakan sebelumnya, rakyat Venezuela kemarin menggelar pemilihan umum untuk memilih presiden baru selepas kematian Presiden Hugo Chavez yang telah berkuasa selama 14 tahun. Mereka hanya akan memilih Nicolas Maduro (50 tahun)dari Partai Sosialis, yang kini menjabat sebagai presiden sementara, atau kandidat dari oposisi, Henrique Capriles (40 tahun).

Stasiun televisi Aljazeera kemarin menyatakan, tempat pemungutan suara (TPS) dibuka pada pukul 06.00 pagi hingga pukul 18.00 waktu setempat.

Pada pukul 04.00 pagi rakyat Venezuela yang kebanyakan pendukung Maduro sudah mengantri di dekat TPS. Baik pihak Maduro maupun Capriles sama-sama menganjurkan agar para pendukungnya memilih lebih pagi dan mewaspadai terjadinya kecurangan.

Maduro dua hari lalu mengatakan dia akan mengakui pelaksanaan pemilu apa pun hasilnya.

"Jika saya menang, saya akan menerimanya dengan rendah hati. Jika saya kalah, saya juga akan menerimanya dengan kerendahhaatian yang sama sesuai nilai-nilai yang diwariskan Chavez," kata dia. "Perdamaian lah yang kami inginkan. Perdamaian dan penghormatan terhadap demokrasi dan nilai-nilai."

Namun, calon presiden dari oposisi, Capriles, mengatakan pemilu kali ini tidak dilaksanakan dengan adil. "Kandidat dari pemerintah (Maduro) menggunakan pesawat kepresidenan, semua fasilitas militer, dan kementerian untuk berkampanye."

Pemilu kali ini adalah kedua kalinya Capriles maju sebagai calon presiden setelah pada Oktober tahun lalu dia kalah dari Chavez. | sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply